Spesifikasi Lengkap Huawei P30 Share this
Gadget
Mode baca

Spesifikasi Lengkap Huawei P30

Denny Basudewa
pada 26 Desember 2020

Foto: Huawei P30

JAKARTA – Huawei P30 memiliki banyak fitur dan spesifikasi unggulan yang sangat mumpuni sebagai daily driver.

Huawei P30 series memiliki tiga varian yakni P30 Lite, P30 dan P30 Pro. Secara spesifikasi, P30 Lite spesifikasinya di bawah P30 dan P30 Pro. Antara P30 dan P30 Pro memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan, berikut ini perbedaannya.

Desain

Secara desain, Huawei P30 memiliki bodi berbahan kaca aluminosilicate di bagian depan dan belakang serta frame alumunium. Smartphone ini memiliki bodi berukuran 149,1 x 71,4 x 7,6 mm (5,87 x 2,81 x 0,30 inch) dengan berat 165 gram.

Huawei P30 memiliki desain kekinian dengan bagian depan berponi dew drop serta telah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang tertanam di dalam layar. Sementara untuk bagian belakang, Huawei P30 menyematkan tiga buah kamera dengan lampu flash yang ditempatkan secara vertical di bagian sisi kiri atas.
Spesifikasi Huawei P30

Pada sisi kanan, terdapat tombol volume dan tombol power, sedangkan pada sisi kiri terdapat slot kartu SIM dan slot micro SD. Sementara itu, untuk bagian bawah, ponsel ini memiliki speaker, jack audio 3,5mm, dan port USB tipe-C 3.1.

Mesin

Sebagai salah satu smartphone flagship, Huawei P30 menggunakan chipset Kirin 980 (7 nm) octa core 2 x 1,92 GHz Cortex-A76; 2 x 2,6 GHz Cortex-A76; dan 4 x 1,8 GHz Cortex A55. Chipset ini merupakan besutan Huawei dengan arsitektur Cortex A76 yang juga mendukung LTE Cat.2.1 pertama di dunia.

Chipset ini juga memiliki efisiensi yang mampu meningkatkan kinerja sebesar 20 persen, meningkatkan efisiensi daya sebesar 40 persen, meningkatkan efisiensi energi secara keseluruhan sebesar 58 persen, serta meningkatkan kinerja GPU Mali-G76 MP10. Untuk sistem operasinya, Huawei P30 dibekali dengan Android 9.0 (Android Pie) yang dapat diupgrade ke Android 10 serta menggunakan tampilan antar muka EMUI 10 besutan Huawei.

Layar

Huawei P30 memiliki layar dengan tipe OLED HDR 10 berukuran 6,1 inci dengan screen-to-body ratio sebesar 85,8 persen. Dengan ukuran layar tersebut, Huawei P30 mampu memberikan resolusi sebesar 1080x2340 pixel dengan rasio 19:5:9 (~422 ppi density). Selain itu, layar Huawei P30 juga memiliki desain poni drew up untuk penempatan kamera depan/kamera selfienya.

Kamera

Gawai ini dibekali dengan tiga buah kamera utama dengan lampu flash yang disematkan secara vertikal di bagian samping kiri atas. Ketiga kamera tersebut memiliki konfigurasi lensa wide 27 mm 1/1,7” dengan resolusi 40 MP dan bukaan f/1.8 serta PDAF/Laser AF, lensa ultra wide 17 mm dengan resolusi 16 MP dan bukaan f/2.2 serta PDAF/Laser AF, dan lensa telephoto 80 mm 1/4” dengan resolusi 8 MP dan bukaan f/2.4 serta memiliki fitur 3x optical zoom, OIS, dan PDAF/Laser AF.

Adapun Kamera utama Huawei P30 tersebut memiliki fitur Leica optics, HDR, panorama, dan dual LED dual tone flash. Dari sektor video, kamera utama Huawei P30 tersebut mampu merekam video hingga resolusi 2160p@30fps (4K).
hasil foto Huawei P30

Sementara itu, kamera depan/kamera selfie Huawei P30 memiliki lensa wide dengan resolusi 32 MP dan bukan f/2.0 yang mampu menghasilkan foto selfie dengan kualitas yang sangat baik serta mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps. Selain itu, kamera depan Huawei P30 juga memiliki fitur HDR yang dapat membuat hasil jepretan menjadi lebih menawan.

Sebagai salah satu smartphone flagship Huawei dengan kamera terbaik, Huawei P30 dibekali dengan beberapa fitur kamera unggulan seperti AI scene recognition dimana kamera smartphone ini mampu melakukan pengaturan secara otomatis dengan AI sesuai objek foto yang akan diambil; mode aperture yang dapat digunakan untuk menghasilkan bokeh yang maksimal pada foto; mode pro dengan berbagai parameter lengkap yang sangat memudahkan bagi Anda dalam mengambil foto yang sesuai dengan keinginan; mode portrait yang sangat pas jika digunakan untuk mengambil objek foto manusia; serta fitur ultra wide angle.

Memori/Penyimpanan

Huawei P30 memiliki beberapa varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari varian RAM 6 GB dengan ROM 128 GB sampai RAM 8 GB dengan ROM 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan slot untuk media penyimpanan eksternal dengan kapasitas sampai dengan 256 GB.

Konektivitas

Sebagai salah satu smartphone flagship, Huawei P30 memiliki konektivitas yang sangat lengkap. Smartphone ini dibekali dengan teknologi terkini LTE; Wifi 802.11 a/b/g/n/ac dual band, hotspot, dan wifi direct; Bluetooth 5.0 A2DP, aptX HD, LE; serta GPS dengan dual band A-GPS, QZSS, BDS, GLONASS, dan GALILEO. Selain itu, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur Near Field Communication (NFC) yang akan semakin memudahkan penggunanya.

Sensor

Huawei P30 dibekali dengan berbagai sensor yang cukup lengkap. Adapun sensor yang dimiliki oleh smartphone ini, yaitu: sensor sidik jari yang disematkan di dalam layar, sensor accelerometer untuk mendeteksi dan mengukur vibrasi, mengukur percepatan, dan mengukur inklinasi; sensor proximity (sensor jarak); sensor gyroscope untuk mendeteksi gerakan; sensor color spectrum untuk menghasilkan gambar yang maksimal dalam segala kondisi, dan sensor compass.

Baterai

Ponsel ini ditenagai oleh baterai Lithium Polimer (Li-Po) non-removable dengan kapasitas sebesar 3650 mAh. Adapun Huawei P30 telah membekalinya dengan fitur fast charging 22.5 W. Fitur fast charging ini mampu membuat pengisian daya baterai Huawei P30 menjadi lebih cepat dan maksimal.

Audio

Huawei P30 mampu menghasilkan 32-bit/384 KHz audio yang sangat jernih, nyaring, serta bulat. Hal tersebut akan membuat pengalaman Anda dalam mendengarkan musik melalui smartphone ini menjadi lebih menyenangkan.

Dengan berbagai fitur dan spesifikasi mumpuni yang ditawarkannya, Anda bisa menjadikan Huawei P30 sebagai daily driver Anda. Huawei P30 tersedia dalam berbagai pilihan warna, yaitu: black, pearl white, aurora, breathing crystal, dan amber sunrise. [Dew/Idr]

 


Komentar