Rossi Tunda Pensiun dari MotoGP Gara-gara Covid-19 Share this
MotoGP
Mode baca

Rossi Tunda Pensiun dari MotoGP Gara-gara Covid-19

Denny Basudewa
pada 27 April 2020

Foto: Valentino Rossi

JAKARTA – Valentino Rossi merevisi rencananya untuk pensiun dan memilih untuk kembali balapan pada musim 2021.

Seperti musim-musim sebelumnya, Rossi menggantungkan keputusan pensiun atau lanjut balapan di MotoGP. Sebelum membuat keputusan, Ia terlebih dahulu ingin melihat performa motornya apakah kompetitf atau tidak. Kejadian ini sudah mulai dilakukan beberapa musim belakangan ini.

Rossi yang sudah memasuki usia 40 tahun, merasa masih memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa tampil kompetitf. Namun hal ini tidak dibarengi performa motor yang mumpuni dari Yamaha, sehingga juara dunia sembilan kali tersebut gagal tampil kompetitif.

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan di kelas MotoGP, pembalap muda berprestasi juga bermunculan. Era Rossi mulai tersingkir perlahan-lahan tergerus jaman. Yamaha memilih untuk mengamankan jasa dari Fabio Quartararo yang menunjukkan performa gemilang.

Jika Rossi memutuskan untuk bertahan dan terus membalap, Ia terpaksa membalap di tim satelit Petronas Yamaha pada 2021. Meskipun Ia dijanjikan akan mendapatkan motor dengan spek pabrikan meskipun hal tersebut sulit dipercaya.

Dalam kesempatan sesi tanya jawab virtual, Rossi berharap musim 2020 masih ada balapan tersisa. Sehingga Ia bisa memutuskan masa depannya. Namun jika kemungkinan terburuk balapan semusim ditiadakan, maka Rossi harus mengambil keputusan secara berani.

“Masalahnya bukan balap, jadi dengan adanya kabar seperti ini (covid-19) kita jadi tidak bisa balapan. Dengan sikap yang paling optimis balapan akan digelar pada paruh kedua sekitar Agustus atau September, saya bisa mengambil keputusan,” ucap pembalap asal Italia tersebut.

Dengan mengutus kepala mekanik baru yang notabene masih minim pengalaman di MotoGP, Rossi berharap bisa tampil kompetitif pada sisa musim 2020. Sehingga bisa menjadi modal penting untuk berkiprah pada 2021.

“Saya membutuhkan lima hingga enam balapan dengan mekanik baru, untuk melihat potensi yang kami miliki. Kami juga perlu melakukan sedikit modifikasi dalam tim untuk melihat apakah kami bisa lebih kuat,” jelas Rossi.

Untuk diketahui, akibat dari covid-19 yang membuat jadwal MotoGP 2020 berantakan, setidaknya ada beberapa pembalap yang memutuskan untuk menunda pensiunnya. Sebut saja Bradl Smith, Aleix Espargaro dan Cal Crutchlow. [Dew/Idr]


Komentar