Yamaha Kepingin Sang 'Monster' Tersenyum di Catalunya Share this
MotoGP
Mode baca

Yamaha Kepingin Sang 'Monster' Tersenyum di Catalunya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 13 Juni 2019

BARCELONA — Sirkuit Catalunya harus jadi arena pamer kemampuan terbaik Valentino Rossi dan Maverick Vinales karena sponspor tim, Monster Energy juga merupakan sponsor utama MotoGP Catalunya, Spanyol. 

Tim Yamaha sepertinya sepakat untuk melupakan hasil buruk di MotoGP Mugello, Italia dan menatap optimis seri ketujuh MotoGP di Barcelona akhir pekan ini. Apalagi, Massimo Meregalli selaku Direktur Tim Monster Energy Yamaha menyebut karakter lintasan Catalunya cocok dengan Yamaha M1. 

"Tim sangat menantikan akhir pekan ini karena lay out sirkuit umumnya sesuai dengan motor kami. Tahun ini juga istimewa karena Monster Energy menjadi sponsor utama. Kami sudah melihat akhir pekan buruk di Mugello dan sekarang adalah waktu untuk membayarnya. Tak perlu ditanya karena kami sudah 100% berkomitmen untuk mendapatkan hasil terbaik," kata Meregalli.

Bicara penampilan, Valentino Rossi masih menjadi pembalap dengan rekor kemenangan terbanyak di Sirkuit Catalunya yaitu 7 kali (2001, 2002, 2004, 2005, 2006, 2009 dan 2016) podium satu. The Doctor juga mengoleksi 5 trofi runner up pada musim 2003, 2007, 2008, 2014 dan 2015. Sementara juara ketiga diraihnya pada tahun 2000 dan 2018. Secara keseluruhan, VR46 sudah mengumpulkan 14 podium di Sirkuit Catalunya.

"Kami menuju Barcelona, sebuah sirkuit yang sangat saya sukai sekaligus menjadi akhir pekan menantang karena kami tidak begitu kompetitif di seri sebelumnya. Kami harus bekerja keras dan berusaha memperbaiki masalah untuk hasil terbaik. Pada hari Senin (setelah MotoGP Catalunya) juga akan ada sesi tes. Di situ kami akan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin," ungkap Rossi. 

Sementara itu, MotoGP Catalunya juga menjadi laga penting karena menjadi home race bagi Vinales. Meski begitu, Vinales sendiri belum pernah sekalipun menapaki podium Sirkuit Catalunya sejak bermain di MotoGP. Pencapaian terbaiknya adalah finish posisi 4 di musim 2016 bersama tim Suzuki. Sementara sejak 2 tahun bergabung bersama Yamaha, Vinales finish ke 10 (2017) dan ke-6 (2018).  

"Montmelo adalah trek yang sangat istimewa. Selain menyukainya, di sini saya bisa merasakan semua dukungan para penggemar dan suasananya luar biasa. Saya harap bisa meresponnya dengan hasil terbaik dan podium selalu menjadi tujuan kami," ujar Vinales. 

Tantangan jelang MotoGP Catalunya juga akan berbeda karena sirkuit itu baru saja mengalami pelapisan ulang aspal. Impresinya pasti akan berbeda dengan musim-musim sebelumnya. Kita tunggu aksi para penunggang kuda besi garputala ini di Barcelona. [Ary/Ari]     


Komentar