Petrucci Sukses Bendung Marquez di Mugello Share this
MotoGP
Mode baca

Petrucci Sukses Bendung Marquez di Mugello

Denny Basudewa
pada 02 Juni 2019

Foto: Danilo Petrucci

MUGELLO – Danilo Petrucci sukses meraih kemenangan pertamanya pada MotoGP Mugello 2019 dan berhasil meruntuhkan dominasi Marc Marquez.

Pertarungan pembalap di kelas para raja menyuguhkan persaingan sengit di sirkuit Mugello. Bertarung di tanah kelahirannya, para pembesut Ducati tampil beringas. Dari awal lap beberapa pembalap Ducati silih berganti menyodok ke barisan terdepan.

Marquez memang mengawali lomba cukup brilian. Pencetak pole position tersebut langsung mengambil alih posisi pimpinan usai R1. Namun Ia tetap dibayang-bayangi beberapa rider lainnya termasuk Cal Crutchlow yang menunggangi Honda RC213V.

Namun tidak butuh waktu lama serangan datang dari dua Ducati pabrikan yakni Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Bahkan Jack Miller juga ikut memanaskan persaingan di baris depan. Setelah menempuh beberapa lap kontestan yang ingin memperebutkan podium kian bertambah dengan hadirnya Francesco Bagnaia.

Sayang dua pembalap Pramac Racing Ducati tersebut tidak bisa menyelesaikan balapan. Walhasil persaingan menyisakan empat orang pembalap yakni Petrucci, Dovizioso, Marquez dan Alex Rins. Keempatnya mengeluarkan kemampuan terbaik guna bisa menjadi pemenang di Mugello.

Marquez yang terlihat keteteran dikeroyok oleh beberapa kompetitornya, terus mencari celah untuk memenangkan balapan. Puncaknya pada lap terakhir, rider tim Repsol Honda ini mencoba sekuat tenaga untuk mendapatkan posisi terdepan.

Namun apa daya tenaga buas Ducati yang tampil di depan para penggemarnya, membuat Marquez kewalahan. Petrucci melintasi garis finish di tempat pertama diikuti Marquez dan Dovizioso. Rins yang mengawali lomba dari barisan tengah menyudahi lomba di posisi kelima.

“Pada tikungan terakhir, saya pikir ini adalah momen yang akan merubah hidup saya. Ketika usai R terakhir, saya sudah melihat kemenangan pertama,” ucap Petrucci usai balapan berlangsung.

Berikut hasil MotoGP Mugello 2019.

1. Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati)
2. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0.043
3. Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) + 0.338
4. Alex Rins (Team Suzuki ECSTAR) + 0.535
5. Takaaki Nakagami (LCR Honda IDEMITSU) + 6.535
6. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 7.481
7. Michele Pirro (Mission Winnow Ducati) + 13.288
8. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 13.937
9. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 16.533
10. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 17.994

 


Komentar