Pengguna Tesla Bisa Segera Pilih-pilih Suara Mesin dan Klakson Share this
Berita Mobil
Mode baca

Pengguna Tesla Bisa Segera Pilih-pilih Suara Mesin dan Klakson

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 6 hari yang lalu

Foto: Tesla

CALIFORNIA – Para pengguna Tesla akan segera memiliki opsi untuk memilih bunyi mesin dan juga klakson dari mobil listriknya tersebut.

Sebelumnya National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menghimbau mobil listrik untuk memiliki “suara mesin”. Mobil-mobil ini diharuskan untuk mengeluarkan suara bising ketika melaju di bawah kecepatan 30 kpj.

Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan tanda akan kehadiran mobil pada orang atau kendaraan di sekitar. Sebab kita ketahui bahwa salah satu kelebihan dari mobil listrik adalah suara mesinnya yang senyap.

Jika kehadiran mobil listrik tidak terdengar oleh orang atau kendaraan di sekitar, potensi terjadinya insiden tabrakan menjadi lebih tinggi.

Kini Tesla melalui sang CEO, Elon Musk, mengungkapkan bahwa para konsumen Tesla nantinya akan bisa memilih suara untuk mesin mobil Tesla. Tak hanya suara mesin, pengguna juga bisa menentukan suara dari klakson mobil listrik tersebut.

“Suara klakson dan saat mobil bergerak akan segera hadir di Tesla,” tulis Musk melalui akun Twitter resminya.

Musk menambahkan bahwa ia juga mempertimbangkan untuk mengijinkan pengguna mengunggah suara kustom yang mereka inginkan. Meski demikian kustomisasi suara ini belum pada tahap final.

Sebelumnya pabrikan mobil listrik diberikan tenggat waktu oleh NHTSA untuk memenuhi persyaratan terkait kebisingan ini hingga tanggal 1 September 2019. Namun kini telah diperpanjang hingga tahun 2020. [Hlm/Idr]


Komentar