Jakarta akan Gelar Formula E 2020 Share this
Balap Lain
Mode baca

Jakarta akan Gelar Formula E 2020

Denny Basudewa
pada 15 Juli 2019

Foto: Formula E

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Jakarta akan menggelar balap Formula E pada 2020.

Ibukota Republik Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Formula E tahun depan, berdasarkan pertemuan Anies dengan Federasi Otomotif International (FIA), selaku penyelenggara.

Formula E sendiri hadir sejalan dengan kepedulian akan maraknya pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor yang merusak bumi. Balap mobil listrik ini semakin populer dan berjalan beriringan dengan Formula 1.

Meskipun kelasnya masih di bawah F1, ajang adu kebut mobil Formula E tetap menjadi tontonan menarik. Berbeda dengan F1 yang diselenggarakan di sirkuit internasional, Formula E dihelat di jalan raya.

Melalui postingannya di sosial media, Anies menyatakan bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah kejuaraan balap mobil listrik tersebut di atas. Ia menyebut bahwa FIA telah merestui Jakarta sebagai salah satu tempat yang pantas untuk menggelar Formula E.

“Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medelin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E,” tulis Anies.

Anies datang ke New York bertepatan dengan gelaran Formula E seri ke-6. Beberapa petinggi kejuaraan tersebut berdiskusi dengan Gubernur Ibukota DKI Jakarta tersebut dan terpilihlah Jakarta sebagai tuan rumah.

“DI ujungnya kita sepakat, Jakarta lebih layak dipilih menjadi tuan rumah. Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, perjuangan panjang dari seluruh jajaran DKI dan tim telah membuahkan hasil. Bersyukur bahwa ada banyak kota besar dunia berusaha, tapi Jakarta yang berkesempatan,” sambungnya kemudian.

Formula E digelar di Indonesia memang sudah menjadi wacana sudah cukup lama. Saat itu perwakilan IMI (Ikatan Motor Indonesia) sudah menyambangi markas FIA di Paris, Perancis terkait permintaan Indonesia untuk mendapatkan jatah tuan rumah.

Formula E dicanangkan untuk menggunakan jalan Sudirman dari kawasan Monas, Jakarta Pusat hingga Gelora Bung Karno, Senayan. Balapan digelar di jalan raya untuk membawa pesan Go Green kepada masyarakat. [Dew/Idr]


Komentar