BMW Yakin Dapat Untung dari Kebijakan Anies di Jakarta Share this
Berita Mobil
Mode baca

BMW Yakin Dapat Untung dari Kebijakan Anies di Jakarta

Insan Akbar
pada 18 Februari 2020

JAKARTA – BMW percaya bahwa kebijakan terbaru Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai mobil listrik akan membuat mobil listrik i3 makin dilirik kaum berada.

Seperti diketahui, pada Januari 2020 Anies menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 3 Tahun 2020 yang membebaskan BBN-KB khusus bagi mobil listrik murni. Pembebasan BBN-KB efektif mulai 15 Januari tahun ini sampai 31 Desember 2024.

Aturan ini sendiri merupakan turunan dari Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 yang berisikan 17 insentif fiskal maupun nofiskal bagi mobil listrik.

Jodie O’Tania, Director of Communication BMW Group Indonesia, yakin pembebasan BBN-KB bakal berdampak positif bagi penjualan i3. Pasalnya, komponen biaya yang mesti dikeluarkan orang-orang yang membelinya akan berkurang.

“Pasti (berpengaruh positif pada penjualan),” ucap dia ketika ditemui pada akhir pekan lalu di Jakarta.

i3 meluncur di Indonesia pada 2019. Jodie mengklaim penjualannya hingga kini sudah ‘cukup banyak’, tanpa mau menyebutkan angka rincinya.

Adapun area penjualanya hingga kini masih di sekitar Jakarta. Menurutnya, ada beberapa faktor yang bisa mendukung meningkatnya kepopuleran mobil listrik mereka pada 2020 dan tahun-tahun mendatang.

“Sebenarnya bukan hanya pengaruh dari situ (bebas BBN-KB di Jakarta) saja karena kami juga kerja sama PLN sehingga listrik mendapat potongan harga. Kemudian kami kerja sama dengan Pertamina (membangun stasiun pengisian daya di SPBU). Kami bekerja sama dengan banyak kementerian juga. Itu sudah pasti ikut mendukung (penjualan). Apalagi ganjil-genap bebas lewat juga,” tukas dia.

Berdasarkan daftar harga resmi BMW per Januari 2020, banderol off-the-road i3 adalah Rp 1.309.000.000. Di samping i3, ada pula dua mobil listrik lain berteknologi plug-in hybrid (PHEV) yaitu i8 Coupe dan i8 Roadster yang masing-masing meluncur pada 2016 serta 2018.

Menjelang Formula E di Monas pada 6 Juni 2020, BMW berencana meluncurkan mobil listrik baru. Sayangnya, modelnya masih ditutup rapat-rapat.

Untuk mendukung penjualan model-model di atas, merek otomotif asal Jerman ini telah membangun beberapa dealer BMW i yang bisa menangani penjualan dan purnajual mobil-mobil listrik mereka. Namun, persebarannya masih di Jakarta serta Serpong, Tangerang. [Xan/Idr]


Komentar