Formula E Resmi ditunda Karena Wabah Corona Share this
F1
Mode baca

Formula E Resmi ditunda Karena Wabah Corona

Denny Basudewa
pada 11 Maret 2020

Foto: Formula E

JAKARTA – ajang balapan Formula E resmi ditunda berdasarkan keputusan Pemerintah Proviinsi DKI Jakarta.

Sejatinya kejuaraan balap Formula E akan diselenggarakan pada 6 Juni 2020. Namun event tersebut ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan ini dilakukan berdasarkan semakin mewabahnya virus Corona atau dikenal dengan COVID-19.

Hal ini didapatkan tim Redaksi Otospirit.com berdasarkan surat pemberitahuan dengan nomor 117/-1.857.73. Surat tersebut ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix dengan keterangan penundaan Formula E.

Adapun isi suratnya seperti ini :

“Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya”.
Surat tersebut ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Gelaran balap mobil ramah lingkungan tersebut rencananya akan digelar selama lima tahun berturut-turut sejak 2020 hingga 2024. Adapun rutenya adalah melintasi kawasan Monas dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Monas sendiri dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan karena merupakan ikon Jakarta dan Indonesia. Lintasan balapnya memiliki panjang 2.6 kilometer dan rutenya melalui Jalan Medan Merdeka Selatan (dari arah Gambir menuju Patung Arjuna Wiwaha, belok kanan ke Jalan Silang Monas Barat Daya, masuk ke kawasan Monas, belok kiri ke sisi barat, lalu putar balik, belok kiri ke sisi selatan, keluar kawasan Monas melalui Jalan Silang Monas Tenggara, lalu kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sejumlah persiapan telah dilakukan sebelumnya meliputi pengaspalan jalan dengan grade 3. Hal ini sudah sesuai dengan aturan FIA (Federation Internationale de I’Automobile) atau Federasi Otomotif International. [Dew/Idr]


Komentar