BMW Mulai Uji Coba Mobil Balap Listriknya Share this
Balap Lain
Mode baca

BMW Mulai Uji Coba Mobil Balap Listriknya

Denny Basudewa
pada 13 April 2018

Foto: BMW iFE 18

MUNICH – BMW tengah menyiapkan mobil balap listriknya untuk tampil di Formula E musim depan.

BMW iFE 18 untuk pertama kalinya diuji coba di lintasan balap. Bertempat di BMW Driving Academy di Maisach - Munich, Jerman, Tom Blomqvist menjalankan tugasnya sebagai pembalap dari manufaktur asal Bavarian tersebut.

“BMW iFE 18 adalah tonggak sejarah bagi perusahaan kami. Setelah berbulan-bulan berkolaborasi sangat baik, dengan para insinyur dari mulai produksi hingga pengembangan balap, kini kita semua dapat melihat hasilnya. Pada proyek Formula E ini, kita bisa melihat transfer teknologi yang paling luar biasa, antara produksi dan motorsport dalam sejarah BMW,” ungkap Jens Marquardt, BMW Racing Chief.

Keterlibatan BMW dalam Formula E sebenarnya sudah cukup lama. Namun mereka justru lebih fokus pada menyediakan i3 dan i8 sebagai kendaraan pendukung. Kini BMW mulai serius menekuni dunia balap Formula E, bekerjasama dengan tim Andretti.

BMW iFE 18 dikembangkan dengan menggunakan sasis generasi kedua, dimana telah diatur oleh penyelenggara di Geneva, Swiss beberapa waktu silam. Sedangkan untuk jantung pacunya, BMW memilih untuk menggunakan motor listrik buatannya sendiri.

BMW iFE 18 dikatakan menggunakan motor listrik yang lebih ringan setengahnya dari i3. Selain itu, powertrain mereka 66 persen lebih kompak, namun 400 persen rpm lebih tinggi, serta daya yang dihasilkan 100 persen lebih kencang.

Setelah masa uji coba kali ini usai, mereka akan mengenalkan livery unik dari BMW i Motorsport program. Disebutkan bahwa penampilan perdana akan dihelat pada seri Formula E selanjutnya di Spanyol pekan depan. [Dew/Ari]


Komentar