Ini 5 Pilihan Compact SUV dengan Harga Share this
Komparasi
Mode baca

Ini 5 Pilihan Compact SUV dengan Harga

Denny Basudewa
pada 23 Januari 2020

Foto: DFSK Glory 560

JAKARTA – Banyak pilihan compact SUV bertabur fitur yang dijual di Indonesia. Tentu saja ini menguntungkan para konsumen.

Masing-masing pabrikan menawarkan harga relatif lebih terjangkau serta fitur-fitur unggulan. Hal ini menguntungkan konsumen dalam memilih kendaraan. Selain itu, kendaraan jenis SUV mampu menjelajah beragam medan jalan dibandingkan model lainnya.

Otospirit.com merangkum 4 compact SUV  yang dipasarkan di Indonesia dengan beragam keunggulannya. Tercatat pabrikan Jepang, China, hingga Korea menawarkan produk jenis serupa dengan keistimewaannya masing-masing.

1. Honda HR-V
Honda HR-V  menawarkan 2 pilihan mesin yakni 1.500 cc dan 1.800 cc. Jantung mekanisnya disandingkan dengan transmisi CVT, sehingga meniadakan efek hentakan akibat perpindahan gigi dan berimbas pada kenyamanan.

Fitur yang ditawarkan cukup lengkap terlebih untuk urusan keselamatan seperti Motion adaptive EPS + VSA, ABS+EBD+BA, Smart key Wave Key +Keyless Entry, Immobilizer, Hill Start Assist, 6-airbags dan brake override system. Honda HR-V dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 297 juta hingga Rp 415 juta.

2. Wuling Almaz
Pabrikan asal China ini menawarkan Almaz pertama kalinya sebagai SUV kompak 5-penumpang. Meskipun saat ini hadir juga yang versi 7-penumpang, Almaz mampu mencuri perhatian masyarakat di Tanah Air.

Fitur unggulan Wuling Almaz salah satunya adalah monitor besar vertikal yang memiliki banyak fungsi. SUV kompak satu ini juga ditawarkan dengan fitur WIND (Wuling Indonesian Command) yang mendukung smart ecosystem.

Voice command interaktif ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti pendingin udara, jendela, panoramic sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link ataupun TPMS, memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu saat ini.

Wuling Almaz ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 263 juta untuk varian Smart Enjoy 6MT 7-penumpang, hingga Rp 338 juta untuk tipe Exclusive 7-penumpang.

3. DFSK Glory 560
DFSK yang menahbiskan diri sebagai spesialis SUV, menawarkan crossover 7-penumpang dengan harga lebih terjangkau. Glory 560 membopong mesin 1.5-liter turbocharger yang mampu menghasilkan daya 148 hp pada 5.600 rpm. Sementara torsi puncaknya diklaim mencapai 230 Nm pada 1.800 – 4.000 rpm.

Fitur unggulannya sendiri meliputi mirroring ponsel, push start-stop button, rear view camera, smart key, immobilizer, seat belt reminder dan sensor parkir yang bisa menambah kenyamanan dalam berkendara.

DFSK Glory 560 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 196 juta hingga Rp 246 juta untuk varian tertinggi dan menggunakan mesin 1.8-liter.

4. Kia Seltos
Kia Seltos merupakan pemain baru di kelas SUV compact. Ditawarkan dengan mesin 1.4-liter turbocharger wastegate, dual CVVT Direct Injection dan disandingkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan DCT. Hasilnya daya mesin sebesar 138 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 242 Nm pada 1.500 – 3.200 rpm.

SUV Korea ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 297 juta hingga Rp 355 juta. fitur yang ditawarkan oleh pendatang baru ini cukup menggiurkan  seperti Smart key with start and stop button, Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Assist Control (HAC) serta enam buah safety belt.

Pengendalian kendaraan ini lebih dipermudah karena telah didukung oleh enam buah mode berkendara yakni Sport, Eco, Normal, Mud, Snow dan Sand. Pada varian termahalnya, kendaraan ini telah dilengkapi oleh Cruise Control.

5. Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Jika kita membicarakan SUV kompak nampaknya tidak elok apabila menyingkirkan si kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Kedua Low SUV ini cukup laris di pasaran sehingga banyak unitnya di jalanan. Terlebih generasi terbaru Rush dan Terios mengalami ubahan drastis pada eksterior maupun interior.

Mesin 2NR 1.500 cc, 4-silinder, DOHC, Fuel Injection, Dual VVT-i, yang sama dengan Toyota Avanza Veloz. Teknologi Dual VVT-i menggantikan VVT-i, dipastikan membuat konsumsi BBM (bahan bakar minyak) mobil baru menjadi lebih irit. Pilihan transmisinya otomatis 4-speed (kami menyarankan agar menambah satu gear lagi agar konsumsi BBM lebih irit lagi) dan manual 5-speed. 

Fitur yang ditawarkan oleh kedua kendaraan ini antara lain Smart Entry, 6 airbag, VSC, ABS, EBS, HSA dan Isofix. Harga Toyota Rush saat ini mulai dari Rp 251 juta hingga Rp 273 juta. Sementara Daihhatsu Terios dipasarkan dengan harga Rp 208 juta hingga Rp 262 juta. [Dew/Idr]


Komentar