FORWOT Tunjuk Wuling Almaz Sebagai Mobil Terbaik 2019 Share this
Berita Mobil
Mode baca

FORWOT Tunjuk Wuling Almaz Sebagai Mobil Terbaik 2019

Denny Basudewa
pada 16 Oktober 2019

Foto: FORWOT Car of the Year 2019

JAKARTA – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) menunjuk Wuling Almaz sebagai Car of the Year (FCY) 2019 atau Mobil Terbaik 2019.

SUV unggulan Wuling Motors Indonesia ini berhasil mengalahkan empat finalis lainnya yakni DFSK Glory 560, All-new Honda Brio, Mazda3 dan Suzuki Jimny. Sebelumnya Almaz beserta finalis lainnya, berhasil menyisihkan 36 mobil model baru yang diluncurkan medio Agustus 2018 hingga Juli 2019.

“Jumlah ini lebih banyak dibandingkan periode lalu yang hanya 23 mobil baru dan 32 model pada 2017. Ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi pasar potensial kendaraan roda empat,” ujar Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.

Hadirnya dua brand asal Tiongkok seperti Wuling Motors dan DFSK di Indonesia, terus mencuri perhatian masyarakat. Mereka tidak hanya sekadar menjajakan produk-produknya di pasar domestik, namun juga mengekspor ke luar negeri.

Kendaraan jenis SUV dari Wuling tersebut meraih 159 poin dan menjadi yang terbanyak dari empat finalis lainnya seperti, Suzuki Jimny 140 poin, DFSK Glory 560 dengan 92 poin, Honda Brio 89 poin dan Mazda3 80 poin.

“Terpilihnya Wuling Almaz sebagai Forwot Car of The Year 2019, menjadi bukti dari kuatnya komitmen merek pendatang baru, dalam menghadirkan kendaraan-kendaraan yang sesuai untuk kebutuhan konsumen di Indonesia,” tutur Indra.

Penjurian tersebut dilakukan oleh 21 jurnalis dari berbagai media yang merupakan anggota Forwot, tentu mereka memiliki kompetensi serta jam terbang tinggi. Tercatat ada 10 faktor utama yang menjadi penilaian penting di Forwot Car of the Year 2019.

Setiap juri memiliki 25 poin untuk memberi penilaian yang meliputi desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara, dan harga yang tak kalah penting.

Wuling Almaz menjadi mobil asal China pertama yang meraih penghargaan dari FORWOT. Adapun SUV bertabur fitur ini menjadi brand non-Jepang kedua yang berhasil menyandang gelar FCY.

“Sebelumnya mobil asal Korea Selatan, Kia Carens menyandang Car of the Year di 2013. Soal Almaz bisa terpilih jadi FCY 2019, karena menurut penilaian para juri sudah memenuhi kebutuhan konsumen dengan fitur terlengkap di kelasnya. Namun dengan harga jual yang terjangkau dan fitur WIND menjadi salah satu sorotan para juri,” kata Jeffry Yanto Sudibyo, Ketua Juri FCY 2019. [Dew/Idr]


Komentar