10 Alasan Pemilik SUV Enggan Pindah ke Lain Hati Share this
Berita Mobil
Mode baca

10 Alasan Pemilik SUV Enggan Pindah ke Lain Hati

Denny Basudewa
pada 18 Juli 2018

Foto: SUV tangguh di segala medan

BANGKOK – Mobil jenis SUV tengah mengalami perkembangan pesat secara global. Bahkan pemilik kendaraan jenis tersebut enggan untuk pindah ke lain hati dalam menentukan pilihan selanjutnya.

Di Asia Tenggara, penjualan SUV dikatakan mengalami perkembangan 7 persen sejak 2011. Konsumen yang mulai beralih dari kendaraan penumpang biasa ke SUV juga terus berkembang. Terlebih banyak produsen menawarkan ragam produk dengan berbagai keunggulan.

Tidak hanya memiliki bodi yang besar sehingga bisa menampung banyak penumpang dan barang, SUV saat ini juga telah mengusung kenyamanan setingkat sedan. Berikut beberapa alasan pemilik kendaraan jenis SUV yang enggan kembali ke lain hati.

1. SUV mampu membawa membanyak orang dan lebih nyaman.

Jika dibandingkan dengan sedan yang hanya bisa menampung 4 hingga 5 penumpang, SUV (tiga baris) lebih bisa diandalkan karena bisa mengangkut setidaknya 7 orang dewasa. Seperti disebutkan di atas, SUV yang saat ini dipasarkan menawarkan kenyamanan layaknya sedan dengan fitur-fitur unggulannya. Akses keluar masuk penumpang juga lebih mudah karena ruang kabin SUV yang lebih besar.

SUV Ruang kargo SUV

2. SUV memiliki ruang kargo lebih banyak sehingga lebih efisien

Pemilik SUV yang berkendara dengan tidak banyak penumpang di dalamnya, dapat menikmati leganya ruang kabin kendaraan. Bangku baris kedua dan ketiga dapat dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi ekstra luas.

Dengan memanfaatkan ketinggian kabin, pemilik SUV dapat memasukkan barang yang tidak mungkin dilakukan mobil jenis lainnya. Pengguna SUV bisa membawa belasan dus, alat olahraga hingga sepeda. Bahkan beberapa pemilik SUV menjadikan kendaraannya sebagai lemari berjalan mereka.

3. SUV saat ini lebih hemat bahan bakar

Pabrikan mobil dewasa ini terus mengembangkan kendaraan yang dijejali berbagai fitur terkini, guna mendapatkan kenyamanan ekstra. Namun tidak hanya itu, manufaktur juga menciptakan kendaraan yang lebih hemat bahan bakar.

Dengan mengimplementasikan desain nan aerodinamis sebuah kendaraan, beberapa SUV bahkan diklaim lebih irit penggunaan bahan bakarnya jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya. Namun hal tersebut kembali lagi sesuai karakter pengemudinya.

4. SUV kendaraan yang lebih aman

SUV dikatakan merupakan kendaraan penumpang yang paling aman. Karena bodinya yang besar, tidak akan terlalu berdampak jika bertabrakan dengan mobil yang ukurannya lebih kecil.

Lebih jauh SUV saat ini telah dibekali dengan berbagai fitur keselamatan aktif. Hal ini tentunya membantu pengemudi dalam berkendara dan tentunya menambah unsur kenyamanan.

5. SUV lebih baik di arena off-road

Ini adalah merupakan salah satu alasan yang benar-benar tidak bisa di ganggu gugat. Dengan ground clearance yang cukup tinggi, mobil jenis ini mampu diajak bermain di jalan rusak, non aspal hingga lumpur sekalipun.

SUV dianggap cocok para petualang yang kerap melakukan aktivitas luar ruang seperti camping, memancing hingga naik gunung.

SUV SUV bersahabat dengan binatang

6. SUV lebih flexibel dalam membawa binatang

Mobil jenis ini menawarkan ruang lebih banyak untuk manusia baik dewasa apalagi anak-anak. Lebih jauh lagi, pada ruang kargo SUV dapat memuat binatang peliharaan Anda. Hal ini terbukti membantu karena membawa peliharaan di kursi baris pertama, bisa membahayakan.

7. SUV lebih baik ketika melintasi genangan

Pada umumnya SUV memiliki ground clearance yang cukup tinggi dari biasanya. Dengan menggunakan kendaraan ini, Anda akan merasa lebih percaya diri. Pemilik kendaraan tidak perlu khawatir air akan masuk ke dalam kabin.

8. SUV memiliki setingan jok yang lebih flexibel

Seiring dengan dimensi kendaraan yang tinggi, posisi duduk dalam kabin juga mengikuti. Hal ini membantu pengemudi maupun penumpang melihat jalanan lebih jelas, dibandingkan menaiki kendaraan jenis lainnya.

9. SUV mampu menarik trailer berukuran besar

SUV pada umumnya tidak hanya memiliki bodi yang besar. Namun mobil tersebut juga dipersenjatai mesin yang bertenaga. Hal ini membuat penggunanya lebih leluasa dalam mengangkut motor, sepeda berukuran besar hingga kano.

10. SUV memiliki tampilan keren

Seperti telah dikatakan sebelumnya, SUV memang kental dengan aura macho. Maka konsumen khususnya pria  yang menggunakan SUV secara otomatis akan merasa lebih keren ketimbang menggunakan kendaraan jenis lain. [Dew/Ari]


Komentar