Dikasih Motor Baru, Duo Rider Yamaha Cuek Share this
MotoGP
Mode baca

Dikasih Motor Baru, Duo Rider Yamaha Cuek

Denny Basudewa
pada 06 Agustus 2019

Foto: Monster Yamaha

BRNO – Valentino Rossi dan Meverick Vinales melakukan sesi tes motor baru Yamaha YZR-M1 di Brno, Republik Ceko.

Kedua pembalap Monster Yamaha tersebut bersama dengan para rider MotoGP lainnya, melakukan sejumlah pengujian pada tunggangannya. Kesempatan tersebut kerap dimanfaatkan guna memperbaiki performa motor saat ini, hingga mencoba motor baru untuk tahun depan.

Usai menjalani seri MotoGP Republik Ceko 2019 akhir pekan lalu, seluruh tim fokus kembali ke sirkuit guna melakukan sejumlah perangkat. Tim Monster Yamaha berkesempatan untuk menguji Yamaha YZR-M1 2020 yang dikatakan telah mendapat ubahan pada sektor mesin dan sasis.

Namun yang menarik adalah tangggapan kedua pembalap usai melakukan uji coba pada calon motor baru mereka. Baik Rossi maupun Vinales memang merasakan peningkatan performa, namun keduanya lebih tertarik untuk fokus pada hal yang lain.

“Sesi tes selalu memberikan hasil baik bagi kami, meskipun tidak ada hal baru yang dicoba. Saya mencoba motor prototipe beberapa lap, tapi saya lebih baik fokus mengembangkan motor saat ini untuk menjalani MotoGP Austria 2019,” ungkap Vinales.

Tidak jauh berbeda dengan rekan satu timnya, Valentino Rossi juga tidak merasakan ada yang spesial pada motor baru Yamaha. Pria kelahiran Italia tersebut mengatakan ingin menguji kendaraan tersebut pada sesi tes lainnya.

“Kami melakakukan sesi tes yang bagus, karena kami bekerja keras dan berhasil menemukan hal yang baik. Saya juga sempat mencoba prototipe 2020, namun beberapa perangkat harus dicoba lagi di masa mendatang,” tutur Rossi.

Tim Yamaha di MotoGP 2019 bisa dibilang sebagai tim yang tampil sangat tidak konsisten. Dalam beberapa seri belakangan menunjukkan, bahwa motor berlambang Garpu Tala tersebut tidak bisa bersaing dengan para kompetitor.

Maka tidak heran jika kedua pembalap Yamaha berharap bisa mengembangkan performa motor seperti dahulu kala. Musim ini YZR-M1 dikatakan kalah dalam hal akselerasi, karena mengandalkan pengendalian yang lebih mudah. Hasilnya pada beberapa seri, para pembalap Yamaha tidak bisa berkutik. [Dew/Idr]


Komentar