Yamaha R1 dan R1M 2020 Dijual, Harga dari Rp 240 Jutaan Share this
Motor Baru
Mode baca

Yamaha R1 dan R1M 2020 Dijual, Harga dari Rp 240 Jutaan

Denny Basudewa
pada 16 Juli 2019

Foto: Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M

MONTEREY – Yamaha melakukan sentuhan terbaru pada Yamaha R1 dan Yamaha R1M 2020 yang membuat dua sportbike tersebut lebih kencang.

Bertempat di Sirkuit Laguna Seca, Monterey, California, Amerika Serikat, motor jenis superbike tersebut tampil bersamaan dengan dihelatnya kejuaraan World Superbike (WSBK) akhir pekan silam. Dua kuda besi ini juga membawa harapan bagi para pembalap Yamaha, mendapatkan unit yang telah mendapat ubahan.

Dikatakan Yamaha R1 dan R1M berevolusi dengan cukup banyak ubahan. Adapun peningkatan pada kendaraan ini mencakup pada kepala silinder, airbox dan rancang bangun bodi motor yang lebih aerodinamis serta perangkat lunak juga suspensi.

Sektor mesin menjadi bagian paling utama dalam peningkatan performa. Jantung mekanis kendaraan kini diatur ride-by-wire terbaru, sehingga tidak lagi menggunakan kabel sebagai perantaranya.

Perangkat ini juga membuat pengendalian kendaraan lebih baik dari sebelumnya. Dikatakan bahwa sistem ini juga dilengkapi dengan engine braking control. Lebih jauh beberapa ubahan mereduksi bobot keseluruhan dari kendaraan.

Bagian paling menarik dari kendaraan ini adalah disematkannya cornering ABS. Penggunanya dapat memilih mode BC1 dan BC2 untuk membuat kendaraan sesuai dengan kebutuhan sang pengendara, mulai dari jalan lurus hingga menikung tajam sekalipun.

Secara keseluruhan, body motor mengalami penyusutan 5 persen. Hal ini paling kentara pada bagian depan kendaraan seperti lampu utama. Komponen berbahan karbon juga menghinggapi bagian belakang yang membuat kendaraan lebih terlihat sporti.

Pada sektor kaki-kaki, suspensi YZF-R1 dijejali dengan merek KYB dengan desain baru. Sementara YZF-R1M mendapat Ohlins ERS yang terintegrasi dengan silinder gas. Kemudian pada bagian belakang, kedua motor hanya dilakukan penyesuaian saja.

Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 242 jutaan hingga Rp 363 jutaan. Konsumen baru bisa memiliki unit ini pada September 2019. [Dew/Idr]


Komentar