Daihatsu Berencana akan Sematkan Turbo di Masa Depan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Daihatsu Berencana akan Sematkan Turbo di Masa Depan

Adi Hidayat
pada 08 Maret 2019

KARAWANG – PT Astra Daihatsu Motors menegaskan bahwa bukan tidak mungkin ke depannya mereka akan membuat mobil berteknologi turbo.

Teknologi tersebut diklaim bukanlah teknologi baru bagi mereka karena saat ini di Jepang, sudah banyak produk Daihatsu yang menggunakan teknologi tersebut. Sayangnya di Indonesia, teknologi turbo masih belum dikenal dengan baik.

Untuk itu pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Daihatsu mengenalkan Daihatsu Ayla Turbo Concept. Kehadiran mobil tersebut diklaim untuk mengenalkan masyarakat terhadap mobil teknologi tersebut.

“Di Jepang kami punya banyak turbo, jadi teknologi turbo bukan suatu teknologi baru buat Daihatsu. Ini adalah salah satu test the water, sebab banyak sekali di internet yang buat turbo. Kalau kami buat ini responnya seperti apa. Karena itulah bila nanti responnya positif, tidak menutup kemungkinan kami akan jadikan ini sebagai portfolio Daihatsu,” tutur Amelia Tjandra. Marketing Direktur PT ADM di Karawang.

Namun turbo yang digunakan Daihatsu bila menyematkan teknologi tersebut di mobil mereka akan memiliki perbedaan tujuan. Bila di Daihatsu Ayla Turbo Concept tujuannya adalah meningkatkan perfoma kendaraan, maka saat disematkan ke mobil mass production tujuannya adalah untuk efisiensi bahan bakar.

“Turbo yang dipasarkan secara massal tujuannya efisiensi. Bukan untuk power kebut-kebutan jadi agak beda. Jadi dengan mesin berkapasitas 1.500 cc kami bisa dapat tenaga yang setara 1.800 tapi konsumsi bahan bakarnya tetap efisien. Kalau yang ini (Ayla) bukan, kami hanya belajar ingin tahu kalau turbo dimaksimumin di Ayla bagaimana sih hasilnya,” tutur Pradipto Sugondo, Research & Development Division Head PT ADM.

Bila melihat lineup di Jepang, Daihatsu memang sudah cukup banyak memberikan pilihan mobil berkapasitas kecil berteknologi turbo. Maka tidak heran bila Daihatsu Indonesia optimis dapat membawa teknologi serupa untuk kendaraan di Indonesia.

Namun sejarah penjualan mobil berteknologi turbo dari Daihatsu di Indonesia justru kurang baik. Daihatsu pernah menghadirkan Daihatsu Charade dan Daihatsu Copen berteknologi turbo namun keduanya kini sudah berhenti dipasarkan oleh PT ADM. [Adi/Ari]


Komentar