Edan, Biaya Modikasi Daihatsu Ayla Turbo Setara CR-V Turbo Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Edan, Biaya Modikasi Daihatsu Ayla Turbo Setara CR-V Turbo

Adi Hidayat
pada 08 Maret 2019

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor ternyata menggelontorkan dana sekitar Rp 500 juta hanya untuk mengembangkan Daihatsu Ayla Turbo Concept.

Mobil yang ditampilkan sebagai salah satu bintang utama PT ADM di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 ini memang dikembangkan langsung oleh tim R&D Daihatsu Indonesia yang terletak di Karawang, Jawa Barat.

“Biaya kami bagi dua. Untuk Body kit kurang lebih biayanya Rp 260 juta. Ini karena Ayla Trubo harus di dressup untuk keperluan GIIAS. Untuk enginering sendiri kurang lebih Rp 50 jutaan dan penguatan body kendaraan,” ungkap Soni Satriya, Design Engineering Division Research and Develoment Directorate PT ADM.

PT ADM juga harus merogoh kocek cukup dalam untuk menjadikan tampilan warna dari Daihatsu Ayla Turbo semakin menarik. Tercatat, biaya pengecatannya sendiri diklaim mencapai angka Rp 90 juta sehingga tampilan warna menjadi menarik.

Meski terdengar cukup tinggi, Amelia Tjandra, Marketing Direktur PT ADM menilai biaya tersebut adalah hal yang wajar. Ini karena beberapa bagian modifikasi harus dibuat sendiri oleh Daihatsu sepeti bemper depan dan beberapa bagian lain. Pengembangannya pun benar-benar dari nol dan menggunakan clay model.

“Itu sebabnya harganya mahal, beda jika modifikasi dilakukan oleh orang lain yang hanya menempel-nempel aksesoris aftermarket. Kalau ini benar-benar sesuatu yang baru sehingga harganya mahal,” tambahnya.

Daihatsu Ayla Turbo Concept hadir dengan warna merah. Desain bumper depan custom memancarkan aura agresivitas dengan sepasang air dam besar dan grille bawah warna hitam. Keempat rodanya berdesain sporty dan dibungkus oleh ban Achilles. Sementara di bagian interior dipasangi rollcage layaknya mobil balap.

Meski masih menggunakan mesin bawaan, R&D Daihatsu Indonesia sudah menambahkan teknologi Turbo. Dengan ini maka perfoma mesin melonjak dari semula hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 hp menjadi mampu melepaskan tenaga sebesar 200 hp.

Kehadiran Daihatsu Ayla Turbo diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi bagi para mofikator Indonesia yang ingin menjadikan Daihatsu Ayla sebagai kanvas berkreasi. [Adi/Ari]

 

Lebih lanjut di Otospirit
Daihatsu Ayla Turbo


Komentar