Bridgestone Rilis Ban Anti-kempis Share this

Bridgestone Rilis Ban Anti-kempis

Denny Basudewa
pada 29 Januari 2020

Foto: Bridgestone Airless Tyre

TOKYO – Bridgestone merilis ban tanpa angin. Ban tanpa angin Bridgestone ini diklaim mampu mengangkut beban hingga 2.267 kilogram.

Produk ini terbuat dari bahan thermoplastic daur ulang, lalu dijahit menjadi struktur mirip jaring sehingga mampu menopang bobot kendaraan.

Bridgestone Airless dikatakan telah berhasil melewati sesi pengujian nyata. Hal inilah yang membuat produk terbarunya berani diklaim tahan terhadap tusukan benda tajam, tidak mengembang hingga antikempis.

Ban tanpa angin ini mampu menghilangkan sekitar 90 persen kehilangan energi yang berasal dari rolling resistance. Bentuk tapak ban yang berulang merupakan salah satu cara pabrikan ban asal Jepang mengurangi dampak rolling resistance.

Dengan tingkat rolling resistance rendah, dikatakan Bridgestone Airless, mampu menghemat bahan bakar layaknya Ecopia. Produk ini juga dikatakan berkontribusi terhadap pengurangan emisi CO2.

Produk inovatif dari Bridgestone ini baru tersedia untuk mobil , truk dan sepeda. Sayangnya mereka mengatakan produknya masih belum bisa diterapkan pada motor. Tidak dijelaskan penyebab ban tanpa angin Bridgestone tidak bisa diaplikasikan pada motor.

Ban tanpa angin saat ini memang tengah gencar dikembangkan beberapa produsen. Selain Bridgestone, Dunlop dan Michelin juga telah memamerkan produk serupa. Ban jenis ini jelas merupakan jawaban dari keluhan para pemilik kendaraan selama ini. [Dew/Idr]


Komentar