Yamaha Umumkan Penyebab Motor Valentino Rossi Berasap Share this
MotoGP
Mode baca

Yamaha Umumkan Penyebab Motor Valentino Rossi Berasap

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 03 Juni 2016

Foto: Motor Yamaha YZR-M1 Valentino Rossi mengeluarkan asap.

BARCELONA - Valentino Rossi tertunduk sedih ketika motor YZR-M1 yang dikendarainya mengepulkan asap putih tebal di Mugello. Motor Rossi mengalami kerusakan mesin dan harus rela tidak melanjutkan balapan.

Seperti diberitakan, setelah masalah teknis di Mugello, dua mesin motor Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo diterbangkan ke Jepang untuk diselidiki oleh Yamaha Motor Co. LTD. Mesin motor Lorenzo rusak saat menjalani sesi pemanasan. Sedangkan Rossi saat balapan. Penyelidikan dilakukan secara detail setiap unitnya dengan menggunakan data telemetri.

Jawaban pun dirilis oleh pihak Yamaha.

"Kegagalan disebabkan oleh masalah elektronik yang berkaitan dengan rev limiter yang akhirnya mengakibatkan kerusakan katup dan piston. Penyebab kerusakan motor Jorge dan kegagalan mesin Valentino adalah sama. Agar menjadi jelas, tidak ada kerusakan komponen mesin atau kegagalan struktural, itu murni masalah kontrol elektronik," kata Kouji Tsuya, Yamaha YZR-M1 Project Leader.

Pihak Yamaha membantah ada seting mesin khusus pada kedua motor saat berlaga di Mugello. Yamaha menegaskan hanya menggunakan pemetaan (mapping setting) yang tepat sama seperti biasa.

Untuk kasus Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di Mugello, Yamaha mengaku menggunakan data rev limiter yang sama persis dengan tahun lalu. Namun Yamaha tidak menyadari bahwa perangkat lunak ECU bekerja dengan cara yang berbeda di Mugello. Yamaha tidak mengantisipasi kondisi itu. Merek Jepang ini menyadari masalah elektroniklah penyebab kerusakan mesin motor Yamaha YZR-M1.

Mugello adalah salah satu sirkuit paling menarik di dunia. Di sana banyak trek lurus, dan menyebabkan RPM mesin menjadi lebih tinggi. Sirkuit ini seakan menjadi pembuktian motor-motor berkarakter high speed. [Ikh/Idr]


Komentar