Wow, Spesifikasi Sony PlayStation 5 Tampil Lebih Gahar Share this
Gadget
Mode baca

Wow, Spesifikasi Sony PlayStation 5 Tampil Lebih Gahar

Ahmad  Richad
pada 20 Maret 2020

Foto: ilustrasi Sony PlayStation 5

JAKARTA - Setelah ditunggu-tunggu kehadirannya, akhirnya Sony mengumumkan secara resmi spesifikasi dari konsol game terbarunya yakni PlayStation 5 atau PS 5.

Melalui acara yang disiarkan secara online, Sony mengungkapkan beberapa spesifikasi mengenai dapur pacu yang akan digunakan oleh Sony PlayStation 5.

Mark Cerny, selaku pimpinan arsitek yang menukangi konsol Sony PS 5, mengatakan PS 5 nantinya akan menggunakan CPU AMD Zen 2 yang memiliki kecepatan hingga 3,5 GHz dan custom GPU yang berbasis AMD RDNA 2 dengan kekuatan 10.28 Teraflops di kecepatan 2.23 GHz.

Agar larinya makin kencang, produk gaming ini juga ditanamkan kapasitas RAM 16 GB GDDR6 dan SSD NVMe berkapasitas 825 GB. Dengan kapasitas sebesar itu Sony menawarkan kemampuan loading super cepat pada PS5.

Sonny mengungkapkan, peralihan penggunaan SSD dari HDD adalah salah satu untuk pembaruan teknis. Sony telah melakukan uji coba pada game Spider-Man yang hanya menghabiskan waktu loading kurang dari satu detik. Hal ini diklaim jauh lebih cepat dari PS4 yang butuh waktu sekitar 8 detik untuk dimainkan.

Nantinya PS5 juga didukung dengan USB hard drive. Namun, opsi penyimpanan ini ditujukan untuk game PS4 yang mana juga akan bisa dimainkan pada konsol PlayStation 5.

Selain itu, perusahaan asal Jepang tersebut juga menjanjikan bahwa konsol game terbaru ini akan memiliki dukungan grafik untuk game 8K dan 4K pada 120 Hz. Ada juga teknologi audio 3D, serta mode konsumsi daya rendah untuk membuat konsol jauh lebih hemat daya.

Meski sudah membeberkan spesifikasi PlayStation 5, Sony masih enggan membuka informasi kapan tepatnya tanggal perilisan PS5 ke hadapan publik. Demikian juga dengan banderol harga yang sampai saat ini masih dirahasiakan. [Ric/Idr]


Komentar