PlayStation Ajak Generasi 90-an Bernostalgia Share this
Gadget
Mode baca

PlayStation Ajak Generasi 90-an Bernostalgia

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 21 September 2018

SAN MATEO - Sony menghadirkan kembali PlayStation klasik atau akrab disebut PS1 untuk mengajak generasi 90-an bernostaliga.

Anda yang tumbuh di era tersebut pasti mengenal permaianan PlayStation. Konsol game ini begitu cepat naik daun seiring meredupnya kiprah Nintendo dan Sega yang kali itu masih mengandalkan kaset.

Sementara PlayStation yang diluncurkan pertama kali pada 1994 sudah lebih maju dengan memakai kepingan CD untuk permainannya. PlayStation bahkan memiliki memory card untuk menyimpan data.

Seiring perkembangan zaman, Sony terus menciptakan pembaruan hingga muncul lah generasi penerus seperti PS2, PS3 dan PS4. Akan tetapi, tahun ini mereka memberikan sesuatu yang berbeda di mana justru meluncurkan kembali PS1.

Hanya saja perbedaannya terletak pada ukuran. PS1 ini punya tubuh lebih mungil dan ringan. Mereka menyebut dimensinya 45% lebih kecil dibanding PlayStation versi pertama.

Fitur yang disajikannya pun tidak ada perubahan. PS1 minimalis ini juga menyediakan dua buah stick tanpa kontrol analog. Pembeda utamanya berada pada soket audio-visual saja karena versi terbaru ini sudah menggunakan HDMI.

Sementara itu, game yang bisa dimainkan pada PlayStation klasik ini diklaim mencapai 20 judul. Termasuk Final Fantasy VII, Ridge Racer Tipe 4, Tekken 3, Wild Arms dan Jumping Flash. Pihak Sony kabarnya baru akan meluncurkannya pada 3 Desember 2018.

Negara pertama yang dituju adalah Amerika Serikat dan Kanada. Tapi, konsumen sudah bisa melakukan pre-order dan membayar dengan harga nyaris $ 100 atau setara Rp 1,4 jutaan.

"Penggemar lama pasti akan menghargai nostalgia ini karena bisa menemukan kembali permainan yang mereka sukai dulu. Sedangkan bagi gamers baru, mereka bisa merasakan pengalaman konsol PlayStation yang menjadi awal dari semua inovasi (video game)," tutup Eric Lempel, Marketing Vice President PlayStation Global. [Ary/Ari]


Komentar