Canggih! Sony Patenkan Robot Pendamping Bermain Game Share this
Gadget
Mode baca

Canggih! Sony Patenkan Robot Pendamping Bermain Game

Ahmad  Richad
pada 22 April 2020

TOKYO - Perusahaan teknologi asal Jepang, Sony resmi mendapatkan paten baru yakni sebuah robot yang bisa menjadi teman saat bermain game.

Dilansir dari Digital Trends, pengajuan paten di United States Patent and Trademark Office (USPTO) mengungkapkan bahwa Sony kemungkinan tengah mengerjakan robot pendamping otonom yang dapat berbicara dengan gamers dan memiliki emosi saat bermain game.

Robot ini akan ditanamkan fitur “feeling deduction unit” yang dapat menyimpulkan perasaan seseorang, dan “internal state management unit” berfungsi untuk menentukan keadaan internal robot tergantung pada perasaan orang tersebut.

Tidak hanya itu robot ini juga akan memiliki fitur “action management unit” yang bisa mencari tahu apa yang harus dilakukan robot ketika melihat temannya sedih atau gembira, dan fitur “output processing unit” berfungsi untuk melakukan tindakan yang telah ditentukan.

Untuk mendukung fitur tersebut robot ini akan dibekali dengan mikrofon, speaker, kamera, dan sensor biologis yang dapat melacak detak jantung pemain. Robot ini juga akan memiliki bagian mekanis seperti lengan, kaki, dan leher, fungsinya untuk  bereaksi lebih baik terhadap emosi pemain.

Dalam pengajuan paten, Sony mengatakan robot ini dapat bersimpati dengan para pemain tergantung pada apa yang dirasakan pemain saat bermain game, seperti kebahagiaan saat menyelesaikan level atau kesedihan saat gagal naik level. 

Perusahaan yang bermarkas di Tokyo ini juga memberikan gambaran mengenai versi robot pendamping ini. Nantinya robot dapat dilihat dalam virtual reality (VR) melalui perangkat yang dipasang pada kepala seperti headset PlayStation VR. 

Sayangnya pihak Sony belum memberikan keterangan resmi mengenai kapan robot ini akan mulai diproduksi dan diperkenalkan ke khalayak umum. [Ric/Idr]


Komentar