Sony Rilis PlayStation 5, Harganya Lumayan Juga Share this

Sony Rilis PlayStation 5, Harganya Lumayan Juga

Ahmad  Richad
pada 12 Juni 2020

Foto: PlayStation 5 atau PS 5

NEW YORK - Setelah lama dinanti, Sony akhirnya resmi mengumumkan konsol game terbarunya yakni PlayStation 5 atau PS 5. Hadir dengan balutan warna putih dan hitam PS 5 ini diperkirakan dijual dengan harga Rp 7 jutaan.

Sebelumnya acara peluncuran konsol game terbaru dari sony ini, telah disampaikannya melalui situs resmi media sosial Playstation yang berbunyi. “Bergabunglah dengan kami pada 11 Juni pukul 1 PM (PDT) untuk menyaksikan masa depan gaming,” kata Sony. 

Dalam peluncuran online ini Sony memaparkan beberapa versi game terbarunya yang akan disematkan pada PS 5 antara lain, Horizon Zero Dawn, Ratchet & Clank, Resident Evil VIII, Demon's Souls, hingga game populer Marvel Spider-man. 

Namun bagi Anda para pecinta game eSport tak perlu khawatir karena konsol ini juga sudah disematkan game terbaru seperti FIFA 2021 dan PES 2021.

Jika dilihat secara desainnya PS 5 ini hadir dengan balutan warna putih dan hitam yang sangat futuristik, dan unik. Desain PlayStation 5 ini sangat berbeda dari versi konsol game milik Sony sebelumnya.

PS 5

Meskipun Sony belum mengungkapkan spesifikasi detailnya mengenai PS 5, namun diperkirakan konsol game terbaru ini akan hadir dengan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) dengan kecepatan 3,5 GHz. Proses grafis yang digunakan berbasis RDNA 2 milik AMD.  

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanannya, PlayStation generasi kesembilan akan dibekali dengan RAM 16 GB dengan ruang SSD. Dari bocoran Informasi, SSD PS 5 akan memiliki kapasitas hingga 825GB.

Tidak hanya itu, diketahui juga bahwa pemilihan SSD sendiri dilakukan Sony karena mereka ingin PS 5 ini memiliki kecepatan 10 kali lipat jika dibandingkan dengan teknologi HDD. Bahkan untuk membaca sebuah game, SSD hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja.

PlayStation 5 juga telah mendukung gambar dengan resolusi 4K maupun 8K. Konsol game terbaru buatan Sony ini juga bisa membaca game dari piringan Ultra High Definition (UHD) Blue-Ray dan fitur Tempest 3D Audio.

Hal yang paling dibanggakan dari PS 5 ini adalah fitur backward compatibility yang artinya konsol game terbaru ini bisa memainkan game-game terdahulu yang sebelumnya ada di PS4. Tentunya akan ada peningkatan performa yang diberikan mesin PS5. 

Untuk banderolnya sendiri, PlayStation 5 dikabarkan akan dijual dengan rentang harga mulai dari 450 sampai 499 dolar AS, atau setara dengan Rp 6,4 - Rp 7 jutaan. [Ric/Idr] 


Komentar