Turki Memperkenalkan TOGG Sebagai Mobil Nasional Pertamanya Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Turki Memperkenalkan TOGG Sebagai Mobil Nasional Pertamanya

Denny Basudewa
pada 29 Desember 2019

Foto: TOGG

GEBZE – Turkiye nin Otomobili Girisim Grubu (TOGG) menghadirkan konsep produk pertamanya berjenis C-SUV dan Sedan.

TOGG sendiri merupakan mimpi Turki selama 60 tahun yang akhirnya menjadi kenyataan (membuat mobil nasional). Tidak hanya di dalam negeri, produk TOGG juga akan diniagakan di pasar global. Rumah desain asal Italia yakni Pininfarina, ikut berperan serta dalam mengembangkan dua kendaraan TOGG.

C-SUV dikatakan baru akan dipasarkan pada 2022. Kendaraan ini diklaim sebagai manufaktur Eropa pertama yang mengembangkan SUV dengan baterai non-konvensional. C-SUV milik TOGG juga dikatakan akan menjadi SUV terbaik di kelasnya berkat fitur-fitur yang diusungnya meliputi wheelbase terpanjang, interior paling luas, akselerasi terbaik dan biaya kepemilikan paling rendah.

Sejatinya konsumen dapat memilih dua pilihan baterai lithium-ion. Pertama kendaraan dapat melaju dengan jarak 186 miles atau 299 kilometer. Sementara pilihan yang lebih besar, TOGG C-SUV mampu dikendarai sejauh 482 kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh.
Mereka juga menyediakan fasilitas fast charging yang memungkinkan pengisian baterai hingga 80 persen dari keadaan kosong, hanya dalam 30 menit saja. Baterai kendaraan sendiri memiliki garansi hingga 8 tahun.

Bicara baterai, mobil listrik ini juga cukup unik karena untuk model paling dasar yang menggunakan satu buah baterai, akan menggerakkan roda belakang dengan daya 200 hp. Sementara model yang menggunakan dua baterai juga menggerakkan roda depan, sehingga membuatnya menjadi kendaraan all-wheel drive.

Untuk akselerasi, pada model satu baterai, kendaraan ini mampu mencatat 7.6 detik untuk menempuh 0 – 100 km/jam. Sedangkan pada model dua baterai, hanya membutuhkan 4.8 detik saja. [Dew/Idr]


Komentar