Toyota Minta Mitsubishi Konsisten Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Minta Mitsubishi Konsisten

Adi Hidayat
pada 14 Maret 2019

JAKARTA – PT Toyota-Astra Motor siap menjawab tantangan dari Mitsubishi Motors terkait penjualan kendaraan di segmen Low MPV.

Toyota bahkan mengingatkan Mitsubishi untuk tidak kabur dari persaingan di segmen Low MPV secara keseluruhan. Mereka menilai bahwa Mitsubishi tidak konsisten berhadapan dengan Toyota Avanza. Menurut Toyota, persaingan ada di segmen LMPV secara keseluruhan, bukan LMPV bermesin 1.500 cc saja.

“Toyota Avanza sekarang masih tetap jualan 6.000-7000, sementara Mitsubishi Xpander bisa 7.000 unit, kami masih merasa untung karena hanya turun 3.000 unit dan (pasar) itu diambil oleh Toyota Rush. Tapi kalau Mitsubishi Xpander mau mengalahkan Avanza ya dibuktikan saja. Tapi jangan dibagi segmennya. Jelas Avanza keunggulannya adalah G MT. Kalau mau ya totalnya. Avanza lawan Xpander. Jangan kabur,” tantang Franciscus Seorjopranoto, Executive General Manager PT TAM.

Saat ini memang Mitsubishi Xpander hanya memiliki pilihan mesin 1.500 cc sementara Toyota Avanza memiliki pilihan mesin berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. Kondisi tersebut bagi sebagian orang kurang sebanding bila harus disandingkan.

Namun sebagai catatan, berdasarkan data Gaikindo, pada bulan Januari 2019 Toyota Avanza harus mengakui keunggulan dari Mitsbishi Xpander. Hal ini karena Toyota Avanza terjual sebanyak 5.568 unit sementara Mitsubishi Xpander mencapai 5.708 unit. Dan, new Avanza 2019 diluncurkan di sekitar medio Januari 2019.

Sedangkan di Februari 2019, berdasarkan informasi yang kami peroleh, penjualan Toyota Avanza berhasil meraih angka 5.700 dan Mitsubishi Xpander hanya berhasil meraih angka 5.532 unit.

Bila penjualan selama dua bulan ditotal maka Mitsubishi Xpander hanya meraih 11.240 unit. Sedangkan Toyota Avanza berhasil meraih penjualan sebesar 11.268 atau unggul tipis sebesar 28 unit saja.

Selisih tersebut bisa saja menjadi berbeda bila Mitsubishi Xpander memiliki varian kendaraan yang lebih luas. Namun tetap saja faktanya Xpander belum mampu mengungguli Avanza dalam dua bulan pertama 2019. Terlebih, masih ada 18.000 SPK Toyota Avanza yang belum terselesaikan oleh Toyota.

“Pokoknya kami lebih kuat dari Mitsubishi Xpander. Sudah pasti! Kami akan memanfaatkan momentum Lebaran di mana penerimaan Toyota Avanza di bulan Januari itu bagus. Dengan outstanding kami mencapai 18.000, kami punya kesempatan untuk suplai lebih banyak,” pungkasnya. [Adi/Ari]


Komentar