Kencan Singkat dengan Proton Iriz

Proton Iriz
Menguji kelincahan Proton Iriz

BOGOR – Proton Iriz hadir dengan desain sporty, sangat lincah dan siap melibas berbagai medan.

Proton Iriz dipastikan akan meluncur secara resmi pada 18 Februari mendatang dengan menawarkan desain, performa dan fitur-fitur terbaik. Melalui event media test drive, Otospirit mendapatkan kesempatan untuk mencoba kemampuan Iriz versi manual di kawasan Taman Budaya Sentul City.

Proton Iriz
Desain eksterior Proton Iriz

Eksterior
Jika dilihat sekilas, Proton Iriz memiliki dimensi yang cukup kecil dan memiliki desain unik. Grille depan dan air intake pada bagian depan hadir dengan desain tegas, sedangkan pada bagian sisi samping bawah terdapat aksen unik.

Untuk bagian belakang terlihat unik pada bagian pintu bagasi. Desain lampu depan dan belakang hadir dengan sangat sporty dan cocok untuk memperkuat karakter sporty yang ada dalam diri kaum muda modern.

Proton Iriz
Eksterior Proton Iriz

Namun tampilannya masih terasa kurang apik karena desain roda yang tidak menunjukkan kesan sporty. Proton Iriz dapat menunjukkan karakter semangat anak muda dan adanya 7 pilihan warna membuat mobil ini menjadi lebih menarik.

Proton Iriz
Interior Proton Iriz

Interior
Masuk ke interiornya, bahan jok terasa sangat nyaman dan empuk. Desain dashboard hadir dengan lebih sederhana dan terlihat lebih lebar.

Pada bagian tachometer dan speedometer telah dilengkapi dengan layar LCD multifungsi. Layar ini sangat membantu pengemudi untuk mengetahui kondisi kendaraan dan untuk dapat mengetahui waktu service.

Proton Iriz
Interior Proton Iriz

Di interiornya juga kita bisa melihat port untuk mengisi baterai smartphone dan entertainment yang dapat dikoneksikan via Bluetooth. Namun yang cukup disayangkan tidak adanya layar-sentuh dan fitur audio control pada lingkar kemudi.

Proton Iriz
Mesin Proton Iriz

Mesin dan Performa

Mengusung kemampuan mesin 4P-E 1.3 VVT yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed mampu memberikan perfoma sangat halus. Mesin ini menyemburkan tenaga 94 hp pada 5.750 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin dan transmisi tersebut cukup responsif sehingga sangat cocok jika kondisi lalu lintas padat. Kemampuan mesin tersebut juga didukung dengan tuas kopling, rem dan gas terasa sangat empuk.

Proton Iriz
Performa Proton Iriz

Lingkar kemudi pun sangat ringan dan memiliki radius putar kecil membuat mobil ini terasa sangat lincah. Akselerasinya sangat halus baik itu di jalan datar maupun menanjak.

Adanya fitur hill hold assist membuat city car Proton ini semakin gesit di medan menanjak dengan lalu lintas padat. Suspensinya cocok untuk pengendaraan dalam kota.

Proton Iriz
City car Proton Iriz

Kesimpulan
Iriz versi manual cocok untuk digunakan di mana saja dan kapan saja. Kombinasi apik antara kenyamanan dan performa kendaraan membuat city car ini cocok menjadi salah satu pilihan konsumen Indonesia.

Selain fitur keselamatannya yang komplet, kemudahan untuk bermanuver dan sangat ringan untuk dikendalikan menjadi senjata utama mobil ini. Dibanderol kurang dari Rp 200 juta dengan sensasi mengemudi tersebut kami rasa sangat sesuai untuk kondisi Indonesia saat ini. [Amo/Ikh]

Comments