Proton Iriz Menghadirkan "Penyelamat" di Tanjakan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Proton Iriz Menghadirkan "Penyelamat" di Tanjakan

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 10 Februari 2017

Foto: Dilengkapi berbagai fitur keselamatan membuat Iriz lebih spesial

BOGOR – Fitur keselamatan menjadi senjata utama Proton Iriz untuk memberikan rasa aman pada konsumennya di Indonesia.

Proton Iriz membuktikan jika mobil dijual di bawah Rp 200 juta bisa mengemban segudang fitur keselamatan. Wajar city car terbaru Proton ini terbukti kualitas keselamatannya dengan berhasil meraih bintang 5 dari ASEAN NCAP.

Salah satu fitur andalan Iriz yaitu hill hold assist. Fitur ini mampu mencegah kendaraan selama 3-4 detik di tanjakan tanpa harus menekan pedal kopling atau rem. Umumnya fitur tersebut tersimpan pada mobil transmisi otomatis, namun kami mencobanya pada mobil transmisi manual 5-speed Proton Iriz.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Untuk mencegah mobil mundur, gear disarankan berada di posisi 1. Setelah itu lepas pedal kopling dan rem, maka dipastikan mobil tidak akan bergerak ke depan atau meluncur ke belakang. Mesin pun tak akan mendadak mati.

Untuk bergerak maju, pengemudi cukup menginjak pedal gas. Mobil pun akan bergerak maju ke depan. Adapun fitur ini akan sangat membantu konsumen ketika melaju di pegunungan dengan kondisi lalu lintas padat.

Fitur hill hold assist telah disematkan dalam diri Iriz versi manual dan otomatis sehingga keselamatan pengemudi dan penumpang lebih terjamin.

Di samping itu ada fitur impact sensing door unlock yang menjadi adalan city car satu ini. Fitur ini akan segera aktif ketika kendaraan mengalami tabrakan dari segala sisi. Fitur tersebut secara otomatis akan membuka kunci pada semua pintu guna memudahkan konsumen keluar dari kendaraan.

Proton Iriz juga telah dilengkapi dengan fitur keselamatan lainnya yaitu ESC, TCS, ABS, EBD, brake assist, isofix dan sensor parkir di bagian belakang.

Rangka Iriz dibuat dengan menggunakan teknologi Hot Press Forming yang terbukti lima kali lebih kuat jika dibandingkan dengan rangka biasa. Terdapat delapan bagian rangka terbuat dari high tensile strength khusus untuk melindungi penghuni kabin ketika terjadi kecelakaan.

Untuk suspensi bagian depan menggunakan tipe McPherson Strut dengan coil spring dan stabilizer bar. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan tipe Torsion Beam Axle dengan coil spring dan stabilizer bar. [Amo/Ikh]


Komentar