Proton Iriz akan Diluncurkan Pekan Depan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Proton Iriz akan Diluncurkan Pekan Depan

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 10 February 2017

Foto: Proton Iriz akan Diluncurkan Pekan Depan

BOGOR – Proton Iriz meramaikan pasar otomotif Indonesia mulai pekan depan. City car ini merupakan keseriusan produsen otomotif asal Malaysia di dalam negeri.

Di negara asalnya, Iriz telah hadir sejak 2015. Menurut bahasa Latin, Iriz memiliki arti faith, hope, wisdom and admiration. Sedangkan dari bahasa Malaysia, Iriz merupakan nama sebuah bunga.

Berdasarkan arti nama tersebut, Proton telah mengembangkan produk andalannya ini di segmen hatchback. Mobil ini dipastikan sangat cocok dengan kaum muda dan keluarga muda di Indonesia.

Dalam mengembangkan produk ini, Proton mengusung tiga pilar utama yaitu fun, entertainment and safe. Ketiga pilat tersebut berhasil membuat tampilan mobil ini sangat sporty, kompak dan fresh.

Pada eksteriornya tampak lebih dinamis dan tegas berkat adanya desain baru grille, air intake, lampu LED, wing mirror dan aksen pada bagian samping. Dengan dimensi kompak, panjang 3.920 mm, lebar 1.722 mm dan tinggi 1.554 mm rasa tak salah bila disebut kendaraan yang cocok untuk kebutuhan perkotaan.

Masuk ke interiornya, Proton Iriz hadir lebih sporty dan nyaman. Pada bagian tachometer dan speedometer telah dilengkapi dengan layar LCD multifungsi. Layar ini akan memberikan informasi mengenai kondisi kendaraan, efesiensi bahan bakar dan berbagai informasi lainnya.

City car ini mengusung kemampuan mesin 4P-E 1.3 VVT berkapasitas 1.332 cc. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 94 hp pada 5.750 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT 5-percepatan. Hatchback andalan Proton ini tersedia dalam versi manual dan matic.

Proton Iriz telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur keselamatan antara lain ESC, TCS, ABS, EBD, brake assist, hill hold assist, isofix, sensor belakang dan impact sensing door unlock. Kualitas keselamatan mobil ini telah terbukti dengan memperoleh bintang 5 dari ASEAN NCAP.

Proton Iriz akan resmi meluncur di Indonesia pada 18 Februari 2017 di FX Sudirman. Hanya dengan menyiapkan Rp 2 juta saja, konsumen sudah dapat memesan mobil ini. Iriz diprediksi akan dibanderol kurang dari Rp 200 juta. [Amo/Ikh]


Komentar