Sempat Blunder, Rins Bayar Tuntas di Tikungan Terakhir Share this
MotoGP
Mode baca

Sempat Blunder, Rins Bayar Tuntas di Tikungan Terakhir

Denny Basudewa
pada 26 Agustus 2019

Foto: Alex Rins membayangi Marc Marquez

SOUTHAMPTON – Pembalap Alex Rins sontak menjadi pahlawan Suzuki di MotoGP Inggris 2019. Pasalnya pria asal Spanyol tersebut berhasil mengalahkan Marc Marquez di tikungan terakhir.

Hal ini membuktikan talenta Rins di depan banyak orang. Seperti diketahui, Rins berhasil memenangkan balapan pertamanya di MotoGP Amerika Serikat 2019, karena tumbangnya Marquez.

Kemenangan Rins di sirkuit COTA dianggap banyak orang hanyalah sebuah keberuntungan. Namun kali ini sang pembalap berambut kribo merupakan bukti nyata kemampuannya, dalam mengatur ritme balapan dan manajemen ban.

“Luar biasa! Ini adalah balapan yang gila buat saya. Saya membuat beberapa kesalahan dan pada R1 di lap pertama hampir saja mengalami kecelakaan. Saya juga tidak tahu kenapa hal itu terjadi (kesalahan di dua lap terakhir), tapi untungnya bisa kembali stabil,” ucap Rins usai balapan.

Kemenangan Rins sendiri diperoleh karena trik jitu yang diterapkan sepanjang balapan. Kedua rider yang sempat beradu argumen tersebut memperlihatkan tontonan menegangkan. Bahkan Rins mengakui jika dirinya mempermainkan penunggang motor berlabel Repsol Honda tersebut.

“Kami sedikit bermain-main dengan Marquez. Ia menutup bukaan gas sedikit dan saya memimpin jalannya balapan selama satu putaran. Namun saya biarkan dia melewati saya karena dia memang lebih cepat di sektor terakhir. Saya juga tidak mau memperlihatkan kelemahan di depannya,” jelas Rins kemudian.

Rins beberapa kali menunjukkan bahwa Suzuki GSX-RR memiliki kekuatan lebih di tikungan cepat dan chicane. Oleh karena itu, pengguna nomor start 42 tersebut mencoba lebih dari 1 kali di tempat yang sama. Hasilnya Ia dapatkan saat berada di tikungan terakhir sekaligus mempermalukan Marquez.

“Saya lebih kuat darinya di semua tikungan cepat dan chicanes. Tapi di sektor terakhir, dia lebih cepat dari saya pada saat berakselerasi. Beruntung saya bisa unggul beberapa meter saja dari dia, kalau tidak dia bisa kabur lebih dulu,” tutur Rins. [Dew/Idr]


Komentar