Alex Rins Malu-malu Bidik Gelar Juara Dunia Share this
MotoGP
Mode baca

Alex Rins Malu-malu Bidik Gelar Juara Dunia

Ary Dwinoviansyah
pada 07 Mei 2019

JEREZ — Alex Rins masih malu-malu mengatakan bahwa dirinya bisa bersaing untuk memperebutkan gelar juara MotoGP 2019.

Berkat podium keduanya di MotoGP Jerez, Rins kini berhasil menempati posisi kedua di klasemen. Ia pun hanya berjarak 1 poin saja di bawah Marc Marquez selaku pemimpin kejuaraan sementara.

Di balapan akhir pekan lalu (5/5), Rins bisa dibilang menyajikan pertarungan heroik. Setelah memulainya dari grid ke-9, Rins juga dihadapkan oleh perlawanan duet Ducati Corse. Ia pun sempat kewalahan saat meladeni kekuatan Andrea Dovizioso, meski akhirnya dapat melewati penunggang utama Desmosedici GP19 itu. 

"Sulit untuk bisa melewati para pembalap Ducati karena mereka punya akselerasi yang bagus. Tapi, saya percaya diri saat balapan dan merasa bisa sedikit lebih cepat. Ini membuat saya bisa melaluinya dan membuat bisa tampil lebih baik lagi," kata Rins. 

Bukan tanpa hambatan, Rins justru mengaku mengalami sedikit masalah selama balapan. Satu permasalahannya adalah bahwa dia menggunakan ban yang lebih lembut ketimbang pembalap lain. Namun, hal tersebut tak menghalanginya untuk melancarkan serangan kepada Maverick Vinales, Fabio Quartararo hingga Franco Morbidelli. 

Setelah mendahului ketiga pembalap tersebut, Rins masih berusaha mengejar Marquez yang sudah jauh di depan. Walau tak bisa menghentikan lajunya, Rins tetap bisa memperpendek gap dengan pembalap Repsol Honda tersebut. 

Dari sini terlihat bahwa Suzuki GSX-RR terus mengalami peningkatan. Terutama untuk menyaingi kekuatan Honda maupun Ducati. Dengan kata lain, tidak menutup kemungkinan Suzuki melalui Rins ambil bagian dalam perebutan gelar juara dunia yang sebelumnya selalu diisi oleh kedua pabrikan tersebut.

"Gelar? Seperti sudah saya katakan sebelum kejuaraan dimulai, saya punya motor kompetitif. Jelas Anda bisa berkembang sedikit, tapi saya senang dengan motor dan tim ini. Suzuki punya jarak tempuh, namun Ducati dan Honda sangat kuat pada pengereman. Saya akan menikmatinya balapan demi balapan," tutup Rins. [Ary/Ari]


Komentar