Ponsel Terendam Air, Lakukan Ini Untuk Menyelamatkannya Share this
Tips
Mode baca

Ponsel Terendam Air, Lakukan Ini Untuk Menyelamatkannya

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 03 Januari 2020

JAKARTA - Banjir yang semakin meluas, membuat kecemasan tersendiri bagi pemilik handphone (HP), hal ini dikarenakan HP merupakan barang elektronik yang rentan mati apabila terkena air.

Meskipun belakangan ini sejumlah perusahaan handphone telah merilis produk mereka yang bisa tahan saat terendam air, nyatanya belum semua orang dapat menggunakan produk HP tersebut. 

Namun bagi Anda yang handphonenya belum memiliki fitur tersebut lalu tercebur atau terendam dalam air jangan panik dulu, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan handphone Anda:

1. Segera keluarkan Ponsel dari dalam air

Cepat angkat Ponsel (telepon seluler) dari air. Hal ini guna mencegah air merembes ke komponen ponsel yang lainnya. Semakin cepat Anda mengambilnya maka semakin besar pula peluang ponsel akan selamat.

2. Segera matikan Ponsel

Jika handphone Anda masih dalam keadaan menyala pada saat dikeluarkan dari air, maka matikan secepat mungkin. Ini dapat mencegah korsleting arus pendek pada ponsel.

3. Lepaskan kartu SIM, baterai dan memory card 

Jika handphone Anda bukan berjenis baterai tanam maka segeralah untuk dilepas baterainya, dengan cara buka cover penutup bagian belakang lalu lepaskan baterainya. Dan jangan lupa juga untuk mengeluarkan SIM dan memory card eksternalnya. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya korosi pada bagian-bagian tertentu di dalam handphone Anda. setelah itu cobalah untuk mengeringkan komponen yang dilepas tadi.

4. Gunakan kain atau handuk untuk mengeringkan Ponsel

Setelah semua komponen dilepas coba keringkan menggunakan handuk atau kain. Cara ini cukup penting untuk menyelamatkan komponen yang tidak dapat dilepas dari bagian Ponsel.

5. Gunakan vacuum cleaner agar lebih cepat kering 

Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk mempercepat proses pengeringan. Nyalakan dan arahkan corongnya ke bagian Ponsel yang masih basah, kurang lebih 20 menit, supaya benar-benar kering.

6. Rendam handphone Anda pada bahan penyerap air

Jika sudah kering maka langkah selanjutnya cobalah rendam handphone Anda pada bahan penyerap air misalnya beras, dibiarkan semalaman supaya pengeringan sempurna.

Selain beras ada juga bahan lain yang dapat digunakan untuk mengeringkannya yakni silica gel atau penyerap kelembapan lain. Caranya cukup masukkan perangkat bersama silica gel ke dalam wadah yang tertutup rapat.

Itulah langkah-langkah yang bisa dicoba untuk menyelamatkan handphone dari kerusakan akibat terkena air. Namun jika langkah di atas belum juga bisa membuat handphone Anda menyala, cobalah hubungkan ke charger. Bisa jadi ponsel Anda kehabisan baterai. Tapi, apabila dia menyala namun baterai mengalami masalah, maka bawalah ke pusat servis resmi terdekat. [Ric/Idr]
 


Komentar