5 Pertolongan Pertama Saat Motor Terendam Banjir  Share this
Tips
Mode baca

5 Pertolongan Pertama Saat Motor Terendam Banjir 

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 03 Januari 2020

Foto: Sumber TMC Polda Metro Jaya

JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur Jabodetabek dari awal malam tahun baru (1/1/2020), hingga saat ini mengakibat beberapa akses jalan tidak dapat dilalui, dikarenakan tingginya banjir.

Banyak sepedamotor yang berusaha untuk melewati arus banjir ujung-ujungnya bernasib mogok. Tidak hanya itu motor yang terparkir pun ikut terendam banjir. Dan hal ini tentu bisa mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen mesin sepedamotor. 

Berikut beberapa pertolongan pertama yang dapat anda lakukan pada motor Anda jika terendam banjir:

1. Matikan arus listrik

Jika motor anda terendam banjir dalam keadaan terparkir, segera matikan arus listrik dengan cara melepaskan kabel plus dan minus pada aki, hal ini dilakukan supaya tidak terjadinya korsleting arus listrik pada sepeda motor anda.

2. Periksa busi dan tutup busi.

Komponen ini paling rentan bermasalah saat terjadi banjir, ini dikarenakan letaknya yang berada di posisi bawah. Busi atau tutup busi yang bermasalah biasanya akan menimbulkan masalah juga pada bagian pengapian. Biasanya timbul gejala "brebet" saat dihidupkan atau bahkan tidak mau hidup sama sekali.

3. Periksa filter udara

Selanjutnya cobalah periksa filter atau saringan udara. Pastikan tidak terdapat air di dalam filter udara. Jika pun sudah terlanjur kemasukan air, sebaiknya segera lepas saringan udara dan keringkan. Namun ada baiknya bila sudah terendam banjir segera diganti saja.

4. Cek Continous Variable Transmission atau CVT

Khusus untuk motor matik, bagian CVT sangat rentan apabila terkena banjir, walaupun sudah dilengkapi drain hole untuk akses air keluar. 

Namun jika motor anda terendam banjir, maka bagian CVT harus dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dihidupkan, jika tidak maka akan terjadi korsleting arus pendek pada bagian spul yang terkena air.

5. Segera periksa oli motor

Untuk mengidentifikasi apakah air masuk ruang mesin atau tidak, dapat dilakukan dengan melihat warnanya, jika warna olinya menjadi putih dan berbusa maka itu sudah tercampur air.

Namun, jika motor anda terendam banjir sampai ke ruang mesinnya, maka dapat dipastikan air akan merembes ke ruang mesin. Jadi periksa oli motor anda baik oli mesin maupun gardan untuk motor matik. Dan segeralah ganti jika warnanya sudah berubah. [Ric/Idr]


Komentar