Suka Merokok di Mobil? Pikir Lagi! Share this
Tips
Mode baca

Suka Merokok di Mobil? Pikir Lagi!

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 14 Januari 2016

JAKARTA - Berhenti merokok di dalam mobil. Sebab kebiasaan tersebut menghasilkan efek negatif pada kabin mobil Anda, khususnya bagian AC.

Kebanyakan orang ketika merokok mereka tetap menyalakan AC. Kebiasaan ini bisa membuat saringan AC menjadi lebih cepat kotor dibanding dengan AC digunakan secara normal.

Untuk untuk menghindari ini, maka ada cara mudah sebelum memutuskan merokok di dalam kabin.

Cara tersebut adalah dengan mematikan AC sebelum Anda merokok. Buka kaca jendela dan biarkan udara luar masuk. Pastikan juga Anda membuang abu rokok pada tempat yang tepat agar abu tidak beterbangan.

Jika sudah selesai merokok, tutuplah kaca jendela mobil dan Anda dibolehkan menyalakan AC.

Patut untuk diingat bahwa yang harus dihindari bukan hanya masalah asap rokok, kotoran dan debu bisa masuk ke dalam kabin mobil. Ini disebabkan kaca jendela sering dibuka ketika Anda merokok di dalam kabin. Jika AC tetap dalam kondisi menyala, lama kelamaan filter AC di dalam kabin cepat kotor.

Khusus untuk mobil produksi tahun 2012 ke atas pasti sudah dilengkapi dengan filter AC yang ditempatkan di dalam kabin. Saringan kotor dapat membuat AC mengalami masalah seperti tidak dingin.

Untuk merawat AC sebaiknya penyaring harus sering dibersihkan, minimal setiap enam bulan sekali atau 10.000 km.

Sementara untuk mobil yang jarang digunakan, ada baiknya ketika memanaskan mobil, AC ikut dinyalakan selama kurang lebih lima hingga tujuh menit. [Adi/Idr]


Komentar