Tips Hemat BBM Share this
Tips
Mode baca

Tips Hemat BBM

Indra Prabowo
pada 27 Januari 2016

JAKARTA – Ada banyak cara untuk menghemat bahan bakar (BBM). Berbagai cara bisa dilakukan dan berikut tips mengemudi atau berkendara hemat BBM.

  • Kendarailah mobil secara halus. Salah satu kesalahan pengemudi adalah mengemudikan mobil dengan agresif, misalkan saja menekan pedal gas dalam-dalam ketika lampu hijau lalu menginjak pedal rem. Padahal berdasarkan kalkulasi para insinyur dari Chevrolet, berkendara dengan halus dapat memanjangkan jarak tempuh 20%.
  • Gunakan cruise control ketika Anda sedang berselancar di jalan bebas hambatan. Penggunaan cruise control lebih baik dibandingkan Anda memainkan kecepatan dengan menekan pedal gas dan rem.
  • Tutuplah semua kaca jendela dengan rapat. Ingatlah, ketika kaca-kaca jendela terbuka akan menyebabkan tekanan udara di dalam kabin meningkat. Kondisi ini seperti parasut yang melambatkan laju kendaraan, di mana memakan lebih banyak energi dibandingkan AC dan meminum lebih banyak BBM.
  • Periksa tekanan ban mobil Anda. Jika tekanan ban hanya sedikit lebih rendah dari tekanan yang direkomendasikan akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras untuk memutar roda-roda. Chevrolet menganjurkan para pengemudi untuk memeriksa tekanan ban setidaknya sebulan sekali dan lihatlah Tire Information Label yang (biasanya) berada di dekat pintu.
  • Perhatikan lampu “Check Engine”. Jika lampu tersebut menyala, jangan abaikan karena pasti ada masalah dengan mesin mobil Anda. Jika mesin tidak prima bisa memboroskan BBM.
  • Jangan menyalakan mesin ketika Anda sedang parkir untuk menghemat BBM.

    Copot roof carriers jika tidak membawa barang-barang dan jangan memakai oranamen-ornamen yang mengganggu aerodinamika mobil seperti bendera. Pada kecepatan tinggi, 1/3 BBM digunakan untuk menjinakkan hambatan angin, jadi pengubahan kecil terhadap aerodinamika kendaraan akan berdampak besar kepada tingkat efisiensi BBM.

  • Tutup akses berat. Jangan membawa barang-barang berlebihan yang membuat mobil bekerja lebih keras. Setiap 100 kg beban yang dibawa, kendaraan akan mengonsumsi BBM 0,5 liter per 100 kilometer. [Idr]


Komentar