Cara Bersihkan Karpet Mobil Share this
Tips
Mode baca

Cara Bersihkan Karpet Mobil

Muhammad Ikhsan
pada 11 Desember 2015

JAKARTA - Musim hujan hampir tiba. Salah satu bagian interior mobil yang sering kotor adalah karpet. Membersihkan bagian inii tidak perlu ritual khusus. Caranya cukup kudah.

Kami ingin berbagi tips karpet mobil terbebas dari kotoran setelah Anda berkendara di dalam hujan.

Untuk menjaga karpet mobil tetap bersih ternyata mudah. Anda tak perlu khawatir karena ada tips simpel yang bisa diterapkan supaya karpet kabin Toyota Anda selalu bersih dan nyaman.

Cara membersihkan karpet mobil yang pertama adalah Anda perlu untuk mengeluarkan karpet yang bercampur dengan noda dari mobil Anda. Jangan pernah untuk mencoba membersihkan karpet, sementara karpet tersebut masih di dalam karena nodanya dapat menyebar ke tempat lain dan sulit dibersihkan.

Jadi Anda keluarkan semua baik karpet yang berada pada kabin bagian depan dan bagian belakang ke sebuah tempat terbuka yang lapang.

Setelah itu Anda dapat membasahi karpet mobil terlebih dahulu dengan air bersih secara merata dan usahakan agar Anda mengguyur dengan air yang banyak sehingga noda-noda yang keras menjadi dapat dibersihkan.

Kemudian Anda dapat mengolesi karpet menggunakan sabun deterjen atau shampo mobil secukupnya pada bagian karpet yang terdapat noda. Semakin tebal noda pada karpet maka ratakan sabun lebih banyak pada tempat noda tersebut.

Sikat karpet tersebut menggunakan sikat yang bentuk kuasnya lebar untuk bagian noda yang mudah dibersihkan serta gunakan sikat yang kuasnya tebal dan kuat untuk membersihkan noda yang membandel. Tekankan tenaga Anda dalam menyikat supaya hasil yang didapat lebih maksimal.

Lalu cara membersihkan karpet mobil berikutnya adaah apabila noda pada karpet sudah disikat maka siramkan air bersih secara merata pada seluruh bagian dan sisi atas ataupun bawah. Pastikan sabun deterjen dan noda-noda pada karpet ikut hilang bersama siraman air.

Setelah itu langsung jemur karpet dan usahakan agar karpet tidak terkena sinar matahari secara langsung agar warna dasar karpet tidak berubah. Untuk karpet yang berbahan karet dapat dijemur di tempat yang berangin agar cepat kering.

Lalu karpet berbahan beludru bersihkan lagi dengan lap yang basah sebelum dijemur dengan lis pada bagian karpet harus benar-benar kering sebelum masuk ke kabin. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dasar kabin dengan vacum cleaner untuk menghilangkan noda pada tempat yang sulit dijangkau.

Khusus untuk bagasi Anda dapat melapisi bagian ini dengan karpet yang mudah untuk dilepas agar mudah ketika ingin mencuci dan membersihkannya. Selanjutnya cara membersihkan karpet mobil yang terakhir adalah dengan membersihkan karpet secara berkala paling tidak selama sebulan sekali agar kondisi karpet tetap terjaga. [Ikh/Idr]

Sumber: Mobil123


Komentar