Asuransi Adira: Klaim Ditolak Jika Mobil Terobos Banjir Share this
Tips
Mode baca

Asuransi Adira: Klaim Ditolak Jika Mobil Terobos Banjir

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 04 Januari 2020

JAKARTA - Hujan lebat yang mengguyur Jabodetabek beberapa hari lalu membuat sebagian Jakarta dan sekitarnya mengalami banjir, namun saat ini di sebagian wilayah mulai berangsur surut.

Beberapa kendaraan yang tadinya terendam banjir mulai menampakan wujudnya dengan terselimut lumpur, hal ini tentunya akan menambah pekerjaan rumah bagi pemilik kendaraan tersebut, belum lagi jika mobilnya mengalami kerusakan akibat terendam banjir. Namun bagi Anda yang memiliki asuransi kendaraan Autocillin (mobil) dan Motopro (motor), Anda dapat melakukan klaim.

Julian Noor, selaku Chief Executive Officer PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. (Adira Insurance), menjelaskan mengenai cara klaim asuransi kendaraan yang mengalami kebanjiran.

“Sebelum melakukan klaim, pelanggan harus melakukan pengalihan risiko banjir ke pihak penanggung atau perusahaan asuransi, dengan cara membeli jaminan perluasan banjir. Nantinya asuransi itu dapat menjamin aset-aset pelanggan dari ancaman banjir. Namun perlu dicatat bahwa klaim ini akan berlaku bagi pemegang polis yang sudah memperluas jaminan risiko banjir,” tambah Julian.

Lalu bagaimana klaim asuransi kendaraan pelanggan yang secara sengaja mengendarai mobilnya untuk menerjang banjir. Julian menjelaskan juga mengenai hal ini.

“Pelanggan yang tetap nekat menerobos banjir tentunya pihak asuransi akan menolak klaim ini. Beda halnya jika kendaraan yang posisinya sedang parkir di rumah dan ternyata diterjang banjir, hal itu bisa dicover tetapi tetap harus ada perluasan banjir,” imbuh Julian.

Bagi para pelanggan Adira Insurance, Anda dapat menghubungi call center Adira Care 1500 456 jika ingin melakukan evakuasi kendaraan atau barang-barang lainnya yang terdapat di bangunan properti atau rumah. 

Selain itu, untuk perluasan jaminan banjir terhadap kendaraan bermotor, Adira Insurance memiliki fasilitas towing car atau mobil derek, Emergency Road Assistance, serta ambulance yang siap membantu Pelanggan dalam kondisi darurat di jalan.

“Kami selalu membentuk tim tanggap bencana di Adira Insurance, terutama menjelang musim penghujan. Tim tanggap bencana Adira Insurance akan siap 24 jam untuk memberikan pertolongan kepada pelanggan yang terkena bencana, khususnya bencana banjir yang sedang dihadapi saat ini,” ucap Julian. [Ric/Idr]


Komentar