New Toyota Sienta Diprediksi Hadir di Akhir 2018 Share this
Berita Mobil
Mode baca

New Toyota Sienta Diprediksi Hadir di Akhir 2018

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 05 Juni 2018

Foto: Toyota Sienta (Foto: Amos Arya)

JAKARTA - New Toyota Sienta diprediksi akan hadir di Indonesia pada akhir tahun ini.

Ramalan ini berbasis kepada Toyota Sienta facelift yang dipastikan akan diluncurkan pada Juli 2018 di negara asalnya, Jepang. Di Jepang, MPV Toyota ini telah mendapatkan penambahan fitur Toyota Safety Sense C Package di mana akan meningkatkan keselamatan berkendara.

Salah satu fitur keselamatan yang paling ditunggu oleh para konsumen Jepang yaitu Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB). Selain itu, Toyota juga akan menawarkan 4 opsi mesin bensi yaitu 1.5-liter 1NZ-DE, 1.5-liter 2NR-FE, 1.5-liter 2NR-FKE dan 1.8-liter 2ZR-FAE.

Untuk pasar domistik Jepang, Toyota juga menyediakan varian hybrid yang menggunakan mesin 1.5-liter 1nZ-FXE. Tak hanya ubahan pada fitur keselamatan dan opsi mesin baru, Toyota juga telah menyematkan desain baru pada eksterior serta interior Sienta facelift.

Meski baru akan diluncurkan pada Juli 2018, Toyota Jepang juga telah memastikan akan meluncurkan produk barunya di Asia Tenggara pada akhir 2018. Akan tetapi penjualan Sienta di Indonesia belum bisa dikatakan berhasil.

Memang pada awal peluncurannya, MPV Toyota ini telah menyedot animo masyarakat Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, pihak PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah mendapatkan data penjualan Sienta cukup stabil di kirsaran 700-1.000 unit setiap bulannya.

“Memang efek launching sangat tinggi ya, namun setelah berjalannya waktu kita ada produk baru seperti Rush. Jadi Sienta normalize ke level stabil sekitar 700-1.000 unit. Kita tidak menutup kemungkinan model facelift pasti ada, kita juga masih pelajari yang dibutuhkan masyarakat saat ini,” tutur Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.

Meski penjualannya menurun sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, PT TAM yakin produknya masih memiliki pesona tersendiri. Dengan menawarkan pintu geser dan sangat multifungsi, MPV ini dinilai sangat cocok digunakan di perkotaan, hobi dan berekereasi bersama keluarga.

“Jadi Sienta itu konsepnya adalah city car. Kalau city car itu sudah pasti segmented dan di kota-kota besar bukan seperti konsepnya Avanza, Rush atau Calya yang bisa sampai di pinggir-pinggir daerah. Jadi dia very-very segmented,” tutur F Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor.

Apakah new Toyota Sienta akan pasti hadir di tahun ini? Tunggu informasi selanjutnya di hanya di Otospirit. [Amo/Ari]


Komentar