Toyota Sienta Mulai Dikirim dari Pabrik ke Dealer Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Sienta Mulai Dikirim dari Pabrik ke Dealer

Denny Basudewa
pada 25 Juli 2016

Foto: Toyota Sienta

KARAWANG – Setelah dikenalkan pertama kali pada ajang Indonesia International Motor Show pada April 2016, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akhirnya resmi meluncur Toyota Sienta dari pabrik Toyota Karawang 2, Karawang, Jawa Barat. Ini adalah pertama kalinya Toyota Sienta diproduksi di luar Jepang.

TMMIN menggelontorkan dana sebesar Rp 2,5 triliun untuk memproduksi mobil ini di Indonesia. Pada tahap awal, Toyota menargetkan volume produksi sebesar 4.000 unit per bulan. Jumlah tersebut akan terus meningkat dan rencananya Toyota Indonesia akan mengekspor Toyota Sienta ke beberapa negara di Asia Tenggara.

“Kami sangat bangga mendapat kepercayaan untuk menjadi salah satu basis produksi dan ekspor kendaraan maupun mesin di kawasan Asia-Pasifik dalam rantai suplai Toyota global. Kami akan bekerja lebih giat lagi dalam menjaga kepercayaan yang telah diberikan sehingga dapat terus meningkatkan kualitas dan daya saing,” ungkap Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN.

Sienta dibekali dengan jantung penggerak tipe R-NR dan merupakan produk lokal buatan pabrik TMMIN Karawang 3. Pabrik mesin ini diresmikan pada kuartal pertama 2016 dan menjadi pabrik mesin Toyota pertama di dunia yang mengimplementasikan proses produksi mesin berada dalam satu atap dengan konsep Through Line.

Toyota optimistis bahwa mobil ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat di Indonesia. Dilansir dari Mobil123.com, Toyota Sienta memiliki ruang kabin baris kedua cukup lega, terlebih saat kursi bisa mundur ke belakang dan sandaran kursi bisa agak merebah ke belakang meski terbatas karena memperhitungkan lutut penumpang kursi baris ketiga.

Untuk penumpang dengan tinggi badan 168cm cukup nyaman karena legroom dan headroom-nya lebih dari cukup. Tipe G masih menggunakan kursi yang dibalut material fabric, tapi rasanya cukup nyaman. Seandainya menggunakan bahan kulit, tentu akan menambah kesan mewah kabin penumpang.

Toyota Sienta tersedia 7 varian yaitu E MT, E CVT, G MT, G CVT, V MT, V CVT, Q CVT. Untuk harga, Toyota Sienta dilepas dengan harga Rp 230 – Rp 295 juta. [Dew/Ikh]


Komentar