KTM Kembangkan Mesin Setengah Liter

KTM
KTM Engine

MATTIGHOFEN – KTM dikabarkan tengah mengembangkan mesin di kelas menengah yang memiliki kapasitas 500 cc.

Kabar ini berkembang melalui CEO KTM yakni Stefan Pierer kepada media asal Jerman. Menurutnya pangsa pasar di kelas menengah (500 cc – 600 cc) cukup menjanjikan. Hal inilah yang membuat pabrikan asal Austria tersebut ingin meramaikan pasar di kelas setengah liter.

Jajaran produk KTM selama ini memang tidak terlalu fokus pada kelas menegah. Tercatat mereka yang menyediakan mesin 500 cc untuk model Enduro (500 EXC-F Six Days). Selain itu KTM menawarkan konsumennya mesin yang lebih besar atau kecil.

Berdasarkan kabar yang berkembang, KTM tengah menyiapkan mesin kelas menengah dengan model Supermoto. Untuk diketahui bahwa motor berciri khas warna orange ini hanya menawarkan satu model yakni 690 SMC R.

Lebih jauh rumor yang berkembang mengisyaratkan, calon produk terbaru mereka akan menggunakan ban 17” dan suspensi depan panjang. Mesin baru ini sendiri rencananya dibuat di India dan melibatkan pabrikan Bajaj.

Mesin 500 cc dari KTM akan menggunakan platform twin-cylinder. Jika merunut data yang bocor, kemungkinan motor baru KTM ini akan menyasar persaingan dengan pabrikan motor Jepang (Honda CBX 500).

Berkaca dari produk-produk sekelasnya, KTM 500 cc nantinya akan mampu menyemburkan tenaga sekitar 70 – 80 hp. Model ini dianggap sangat cocok bagi para biker pemula yang ingin naik kelas dari motor kelas bawah. [Dew/Ari]