KTM 690 SMC R untuk Penggila Supermoto

KTM 690 SMC R
KTM 690 SMC R

MILAN – KTM hadir di EICMA 2018 dengan menghadirkan produk-produk terbarunya yang salah satunya KTM 690 SMC R.

KTM 690 SMC R diciptakan khusus untuk para penggila supermoto di seluruh dunia. Dikembangkan dari KTM 690 Enduro R, model terbarunya kali ini hanya dibedakan dengan penggunaan roda berdiamater 17” untuk depan dan belakang.

Diciptakan untuk para penggila supermoto, motor ini memiliki bobot cukup ringan yakni 147 kilogram. Hal ini memudahkan penggunanya dalam melakukan akselerasi dan manuver. Motor ini juga telah dibekali dengan sejumlah perangkat elektronik terbaru yang menambah kenyamanan berkendara.

KTM 690 SMC R menggunakan mesin 690 cc satu-silinder dengan bore X stroke (105 mm X 80 mm). Daya maksimum yang dihasilkan sebesar 72 hp dan torsi maksimal hingga 73.5 Nm. Sementara bahan bakar yang mampu diboyong motor ini sebanyak 13.5 liter.

Mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi enam-percepatan manual. Sementara pengabutan bahan bakar diatur oleh Keihin EMS dengan fungsi RBW dan twin ignition. Hal ini membuat pengendalian kendaraan lebih mudah dan ramah bagi penggunanya.

KTM 690 SMC R dipersenjatai dengan fitur canggih seperti cornering ABS dan MTC (Motorcycle Traction Control). Motor ini juga semakin mudah digunakan dengan bantuan quickshifter untuk akselerasi dan deselerasi.

Untuk suspensi dipercayakan pada WP dengan fitur USD 48 mm di bagian depan. Sementara pada bagian belakang ditambahkan Pro-Lever linkage. Adapun ketinggian jok motor dari tanah mencapai 890 mm, sehingga memudahkan pengendaranya. [Dew/Ari]