Motor Austria KTM akan Diproduksi di Gresik Share this
Berita Motor
Mode baca

Motor Austria KTM akan Diproduksi di Gresik

Denny Basudewa
pada 16 Agustus 2016

Foto: Kristanto berpose dengan para SOG

TANGERANG – KTM akhirnya membuka teka-teki penyebab koreksi harga keempat produknya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

PT Penta Jaya Laju Motor (KTM Indonesia), melakukan gebrakan dengan mengoreksi harga Duke 200, Duke 250, RC 200 dan RC 250. Dikatakan Kristanto Goenadi, Presiden Direktur KTM Indonesia, kebijakan baru tersebut merupakan strategi baru hasil kerjasama antara pabrikan Austria dengan Bajaj Auto Limited (BAL).

”Berkat kerjasama antara KTM Austria dan Bajaj Auto Ltd, benefitnya sangat besar. Skema ini membuat KTM Indonesia mendapat suplai langsung dari India,” katanya.

Untuk diketahui, kedua pihak telah menjalin kerjasama sejak 2008. Kedua pihak sepakat untuk merakit keempat produk di Tanah Air dengan skema CKD. Termasuk memberikan subsidi hingga pabrik perakitan selesai dibuat.

"Harapan besar kami, KTM akan lebih terjangkau, dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa menikmati sepedamotor sport Eropa," jelas Kristanto.

Pabrik perakitan itu akan dibangun di daerah Gresik, Jawa Timur, dengan luas 15.000 m2. Segala persiapan sudah dilakukan, termasuk penetapan lokasi dan berbagai peralatan. Dalam 1,5 tahun ke depan, Penta Jaya menjanjikan pabrik ini sudah beroperasi.

"Kami akan merakit model-model 250cc dan 200cc yang ada di lineup Duke dan RC. Tahap awal, produk akan didistribusikan di jaringan dealer kami di Jakarta dan Bandung, selanjutnya ke kota-kota lain di Indonesia," lanjutnya.

Sebagai permulaan, mereka akan merakit 600 unit motor per bulan. Dengan harapan bisa merakit 10 ribu unit sepedamotor dalam satu tahun. Jumlah tersebut diyakini akan terus bertambah setiap tahunnya hingga 30 ribu unit.

Pabrik perakitan sendiri akan menyedot tenaga kerja lokal sekitar sekitar 120 – 150 orang. Dengan sifat assembling, tidak hanya melibatkan warga lokal, produsen motor yang identik dengan warna oranye tersebut tidak menutup kemungkinan menggunakan komponen lokal terutama yang telah memiliki SNI.

Kristanto juga menjelaskan bahwa koreksi harga tidak serta merta menurunkan kualitas. KTM rakitan lokal atau CKD tetap memiliki kualitass motor Eropa. Di GIIAS 2016, mereka kini menjual keempat produknya dengan banderol Rp 48 kuta untuk RC 250. KTM Duke 250 Rp dilepas Rp 44 juta, RC 200 Rp 37 juta dan Duke 200 Rp 33 juta (on-the-road). [Dew/Ikh]


Komentar