Morbidelli Menang, Rossi Tersingkir di Lap Terakhir MotoGP San Marino 2020 Share this
MotoGP
Mode baca

Morbidelli Menang, Rossi Tersingkir di Lap Terakhir MotoGP San Marino 2020

Denny Basudewa
pada 6 hari yang lalu

Foto: Franco Morbidelli

MISANO – Franco Morbidelli berhasil mencatatkan namanya sebagai pemenang MotoGP San Marino 2020.

Francesco Bagnaia menempati posisi kedua setelah menyisihkan beberapa pembalap di depannya, dengan kondisi fisik yang masih belum fit 100 persen. Sementara Joan Mir merebut tempat ketiga atau podium terakhir setelah mendahului Valentino Rossi di lap terakhir.

Jalannya lomba
Morbidelli Menang

Mengawali balapan dari posisi pertama, Maverick Vinales tidak berhasil melakukan start dengan sempurna. Hal ini membuatnya langsung disalip oleh Morbidelli pada tikungan pertama. Pengguna nomor 12 tersebut juga disusul oleh Rossi tidak lama kemudian.

Tidak hanya Vinales, Fabio Quartararo juga mengalami kesulitan dengan motornya sejak awal lomba. Ia langsung tercecer ke barisan tengah pembalap tepatnya di belakang Vinales. Mereka kesulitan untuk mengembangkan performanya yang membuat rider lain dengan mudah menyalipnya.

Jack Miller merupakan salah satu pembalap yang beruntung dengan memanfaatkan kelemahan dua penunggang Yamaha tersebut di atas. Selain itu, dua rider Suzuki yakni Alex Rins dan Joan Mir juga tampil konsisten dan mendapat keuntungan dari melemahnya duo pengguna Yamaha YZR-M1 di depannya.

Beralih ke depan, Rossi yang pada awalnya mampu memberikan tekanan pada anak didiknya di VR46 Academy, mulai keteteran. Pilihan ban kompon medium pada bagian depan maupun belakang, membuatnya kesulitan untuk mempertahankan kecepatan.

Mengendurnya catatan waktu Rossi mulai dimanfaatkan pembalap di belakangnya. Miller yang semula diperkirakan mampu memberikan perlawanan, namun kehilangan posisinya karena kehilangan grip ban.

Duo Suzuki terus merangsek ke barisan terdepan setelah menyingkirkan Miller. Di sisi lain, Bagnaia terus membukukan waktu tercepat dan menyisihkan para pembalap di depannya. Lalu Quartararo kehilangan grip ban depannya persis setelah menyusul Vinales. Insiden tersebut membuatnya terjatuh dan langsung kehilangan posisi pertama di klasemen.

Quartararo bahkan mengalami dua kali insiden ban depan, setelah dirinya masuk pit. Pembalap asal Perancis tersebut terpaksa menyudahi balapan lebih cepat. Sementara Bagnaia terus tampil apik dan meneror para pembalap di depannya.

Ketika balapan memasuki 2/3 dari keseluruhan lap, Morbidelli semakin kokoh terdepan. Sementara Rossi sudah tertinggal hampir tiga detik di belakangnya. The Doctor mendapat serangan bertubi-tubi dari Rins dan dibayang-bayangi Mir dan Bagnaia.

Bagnaia yang baru saja pulih dari cedera, tampil sempurna dengan menyingkirkan dua pembalap Suzuki Ecstar. Ia langsung memberikan tekanan pada senior sekaligus gurunya yakni Rossi. Dengan penuh perhitungan Bagnaia mampu mengalahkan mentornya dan menempati posisi kedua.
Morbidelli Menang MotoGP San Marino 2020

Morbidelli membungkus kemenangan pertamanya di MotoGP tanpa perlawanan berarti sejak awal lomba. Bagnaia mengikuti di belakangnya dengan selisih dua detik saja. Sedangkan Rossi harus menunda podium ke-200 karena dikalahkan Mir di lap terakhir. [Dew/Idr]

Hasil MotoGP San Marino 2020

Franco Morbidelli Petronas Yamaha SRT
Francesco Bagnaia Pramac Ducati
Joan Mir Suzuki Ecstar
Valentino Rossi Monster Yamaha
Alex Rins Suzuki Ecstar
Maverick Vinales Monster Yamaha
Andrea Dovizioso Ducati
Jack Miller Pramac Ducati
Takaaki Nakagami LCR Honda
Pol Espargaro Red Bull KTM Factory


Komentar