Transmisi 8-Speed Kia Meluncur Tahun Depan Share this

Transmisi 8-Speed Kia Meluncur Tahun Depan

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 07 September 2016

Foto: Kia Cadenza akan dilengkapi transmisi otomatis 8-speed

SEOUL - Kia Motors mengumumkan akan menggunakan transmisi otomatis 8-speed untuk mobil sistem gerak roda FWD (front-wheel drive).

Jika tidak ada rintangan, transmisi baru itu akan tersimpan pada Kia Cadenza yang akan diluncurkan Maret 2017.

Perusahaan otomotif asal Korea itu mengakui telah mengembangkan transmisi cerdas 8-speed sejak 2012, tujuannya sama seperti pabrikan lain yaitu sebagai solusi meningkatkan efisiensi bahan bakar pada kendaraan.

Sebelumnya Honda telah meluncurkan transmisi otomatis 10-speed, bahkan Ford telah berpikir lebih maju lagi dengan mengajukan paten transmisi otomatis yang memiliki gigi 11.

Transmisi 8-Speed ini telah diakui keandalannya, selain perpindahan gigi lebih cepat dan halus, bobot transmisi hanya mencapai 3,5 kg.

Kia mengakui menggabungkan kopling tambahan pada sistem transmisis 6AT yang sudah ada, di mana cuma menambahkan rasio gigi atas dan gigi terendah tanpa terjadi penambahan bobot transmisi secara signifikan.

Ubahan lain yang membuatnya kompak adalah struktur dari bodi valve. Kini menggunakan hanya 12 valve dibanding pada transmisi sebelumnya menggunakan 20 valve. Improvement dilakukan mampu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. [Ikh]


Komentar