Mobil Otonom Menjadi Taksi Online di Masa Depan Share this
Motor Baru
Mode baca

Mobil Otonom Menjadi Taksi Online di Masa Depan

Adi Hidayat
pada 24 Juli 2017

Foto: Taksi-bermobil-otonom

CALIFORNIA – Salah satu perusahaan taksi online di Amerika Serikat, Lyft akan meluncurkan divisi mobil otonom. Divisi ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi mobil otonom.

Luc Vincent , Vice President of Engineering Lyft mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan bagian dari usaha perusahaan untuk membangun ekosistem yang menawarkan berbagai tipe tumpangan. Dengan demikian, pelanggan bisa meilih untuk menggunakan kendaraan dengan supir atau tidak.

Divisi mobil otonom akan berpusat di fasilitas baru di Palo Alto, California. Fasilitas tersebut dinamai dengan Level 5 Engineering Center. Sama seperti namanya, perusajaan akan mengerjakan pengembangan teknologi yang memungkinkan kendaraan bisa berkendara tanpa pengemudi hingga di level lima atau bisa mengemudi di segala situasi.

Ini dianggap penting karena konsumen Lyft akan memesan kendaraan dari smartphone mereka dan mobil secara otomatis akan langsung menjemput konsumen. Tidak peduli di mana pun lokasinya berada.

Vincent mengatakn bahwa dengan mereka memposisikan diri ditempat yang unik untuk mengembangkan teknologi. Dengan melakukan kerjasama dengan beberapa mitra, maka bukan tidak mungkin Lyft menjadi perusahaan taksi online pertama yang memiliki mobil otonom.

Patut dicatat, pengemudi Lyft melakukan perjalanan puluhan kilometer setiap harinya dan telah mengumpulkan data untuk dapat mengembangkan teknologi mobil otonom. Ke depan, mereka berencana untuk melengkapi kendaraannya dengan kemampuan penginderaan yang lebih banyak sehingga dapat membuat peta 3D. Dengan demikian, Lyft memiliki modal untuk lebih mengembangkan mobil otonom.

Perubahan tersebut perlu waktu yang sangat lama, namun Lyft mengatakan bahwa mobil otonom akan membuat transportasi menjadi lebih efisien sekaligus mengurangi jumlah emisi dan kemacetan. [Adi/Ikh]


Komentar