Nissan Kembangkan Taksi Online Berbasis Robot Share this

Nissan Kembangkan Taksi Online Berbasis Robot

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 26 Februari 2018

Foto: Seperti layanan taksi online, konsumen bisa memesan mobil robot dengan aplikasi Easy Ride.

YOKOHAMA - Nissan Motor dan DeNA akan menguji layanan transportasi berbasis kendaraan-robot di Jepang. Pengujian lapangan terhadap robo-vehicle mobility akan dimulai pada 5 Maret 2018.

Melalui program Easy Ride, kedua perusahaan berharap bisa menjadi pilihan baru bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan. Sensasinya jelas berbeda jika dibanding kendaraan umum atau taksi online lain karena mobil robot dari Nissan dan DeNa ini bekerja dengan sistem autonomous (otonom = tanpa pengemudi).

Saat ini, masyarakat sudah bisa menikmati layanan tersebut dengan mengunduh aplikasi Easy Ride. Konsumen bisa menikmati layanannya dari kantor pusat Nissan hingga ke pusat perbelanjaan, Yokohama World Portes yang jaraknya sekitar 4,5 km.

https://youtu.be/QjPUnAt3PSA

Meski masih uji coba, Nissan dan DeNA tetap menggunakan teknologi maju keduanya untuk memantau aktifitas mobil-mobil robot mereka dari jarak jauh. Artinya, konsumen tidak perlu khawatir jika ada masalah saat dalam perjalanan.

Layanan Easy Ride juga terbilang unik. Penumpang bisa melakukan pemesanan melalui teks atau suara dan tersedia hampir 500 tempat terdekat yang direkomendasikan. Nissan dan DeNa juga melakukan survei kepada penumpang terkait penggunaan konten, tujuan yang tersedia hingga pilihan harga untuk layanan Easy Ride ini.

Hal tersebut dilakukan karena Nissan dan DeNA melihat peluang bisnis kendaraan komersial di masa depan. Taksi online berbasis robot ini juga terus dikembangkan dari segi pelayanan, proses pickup dan drop-off hingga layanan multi bahasa.

Easy Ride sepertinya akan beroperasi lebih dulu di Jepang. Rencananya, layanan penuh dari aplikasi ini akan hadir pada awal 2020. [Ary/Ari]


Komentar