Renault-Nissan Tunjuk Microsoft Kembangkan Mobil Otonom Share this

Renault-Nissan Tunjuk Microsoft Kembangkan Mobil Otonom

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 28 September 2016

Foto: Renault-Nissan bekerjasama dengan Microsoft ciptakan teknologi mobil otonom terbaik

PARIS - Perusahaan gabungan Renault-Nissan bekerjasama dengan Microsoft Corp selama beberapa tahun ke depan untuk mengembangkan teknologi terbaru advance connected driving experience untuk mobil bergerak otonom.

Renault-Nissan merupakan perintis kendaraan otonom dengan fitur konektivitas tinggi. Nissan sendiri memiliki tujuan untuk menghasilkan teknologi konektivitas tinggi dengan berbagai macam fitur untuk mendukung 10 mobil otonom pada 2020 dengan pelayanan lebih baik dan lebih efektif.

Selain mobil bergerak otonom (otomatis), perusahaan otomotif terkenal itu juga menyediakan layananan yang menghubungan mobil dengan rumah dan kantor.

Kedua perusahaan ini akan mengembangkan generasi terbaru mobil connected service dengan menggunakan Microsoft Azure. Sistem terbaru ini akan menambah pengalaman mengemudi melalui navigasi canggih, pengecekan kendaraan.

"Mobil akan semakin terkoneksi, cerdas dan bersifat sangat personal. Kerjasama dengan Microsoft akan mempercepat proses pengembangan terknologi utama yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan membuat sesuatu yang baru melebihi ekspektasi konsumen. Kami memiliki tujuan untuk menjadi salah satu provider mobilitas terkoneksi dengan semua orang melalui satu global platform," tutur Ogi Redzic, Senior Vice President Connected Vehicles dan Mobility Services di Renault-Nissan Alliance.

Microsoft Azure sudah terbukti kualitasnya dan merupakan platform global paling aman dengan skala tidak terbatas. Kelebihan tersebut merupakan hal yang dubutuhkan perusahaan gabungan ini.

Platform Azure juga dapat mendukung berbagai sistem operasi, bahasa pemprograman, berbagai teknologi dan menawarkan fleksibilitas tinggi. Platform ini dapat berfungsi dengan sangat maksimal bagi kendaraan hasil produksi Renault maupun Nissan.

"Ketika teknologi connected car experience masih dalam tahap awal, kami yakin akan ada banyak sekali potensi yang mampu mengubah berbagai macam industri. Kerjasama untuk mempercepat proyek Renault-Nissan dapat memberikan pengalaman baru bagi konsumen. Kerjasama ini sangat menguntungkan bagi kami, di mana kami dapat memberikan mobile terbaru dan pengalaman digital kepada semua orang. Kolaborasi ini akan menjadi standart baru mobil otonom," tutur Jean-Philippe Courtois, Executive Vice President and President Microsoft Global Sales, Marketing and Operations di Microsoft.

Fokus pada teknologi generasi terbaru ini meliputi sistem hiburan tebaik, layanan berbasis lokasi kendaraan, keamanan data pribadi konsumen, kebebasan konsumen dalam pengaturan kendaraan, meningkatkan produktivitas, mempermudah dalam meningkatkan update software otonom, selalu terhubung dengan konsumen, dapat mengawasi kendaraan dari jauh, keamanan kendaraan dan menambah pengalaman mengemudi. [Amo/Ikh]


Komentar