Michelin Terapkan Desain Baru Hadapi Aspal Catalunya Share this
MotoGP
Mode baca

Michelin Terapkan Desain Baru Hadapi Aspal Catalunya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 12 Juni 2019

BARCELONA — Michelin sudah menyiapkan ban baru untuk menghadapi laga lanjutan MotoGP 2019 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol akhir pekan ini (16/6). 

Bagi Michelin laga di Catalunya nanti merupakan momen penting, mengingat lintasan ini adalah salah satu tempat pengujian bagi tim-tim MotoGP dan juga ban. Selain itu, sirkuit tersebut juga baru saja mengalami pelapisan ulang aspal. 

Piero Taramasso, Michelin Motorsport Two-Wheel Manager mengatakan pilihan ban untuk MotoGP Catalunya masih sama. Mulai dari ban slick (soft, medium dan hard) hingga opsi ban asimetris untuk ban depan berkompon keras (hard) serta semua ban belakang. Ban tersebut punya kompon lebih keras di sisi kanan menyesuaikan jumlah tikungan Catalunya. 

Namun, disebutkan bahwa desain karet bundar yang dibawa mereka kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pengembangan ini dilakukan karena balapan sendiri bakal berlangsung 24 lap. Apalagi dengan permukaan baru yang artinya menuntut Michelin memasok performa ban lebih baik terutama grip dan ketahanan. 

"Ini adalah salah satu trek yang digunakan untuk menguji ban dan motor. Makanya, akan menjadi pengujian penting karena juga merupakan sirkuit lengkap dengan paduan tikungan, trek lurus dan bobot lebih besar di sisi kanan. Ban akan cepat panas, oleh karena itu Anda butuh ban yang baik di kondisi tinggi itu," terang Taramasso. 

Tentu saja, kinerja ban Michelin ini baru akan diutarakan pada pembalap saat menjalani latihan bebas. Namun, pihak Michelin merasa percaya diri ban mereka dapat mengokomdasi kebutuhan petarung MotoGP di seri Catalunya. Apalagi, pabrikan ban asal Prancis ini mengklaim sudah mendapatkan banyak data sejak aspal Catalunya dilapis ulang. [Ary/Idr] 
 


Komentar