Marquez Kecolongan, Quartararo Rebut Pole Position MotoGP Catalunya Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Kecolongan, Quartararo Rebut Pole Position MotoGP Catalunya

Ary Dwinoviansyah
pada 15 Juni 2019

BARCELONA — Fabio Quartararo berhasil mencuri pole position untuk berdiri di posisi start terdepan pada balapan MotoGP Catalunya, Spanyol. 

Sebelum menjalani sesi kualifikasi hari ini (15/6), rookie asal Prancis ini sudah tampil meyakinkan. Quartararo sudah menunjukkan persaingannya sejak sesi latihan bebas. Padahal, dia baru saja menjalani operasi arm pump. 

Quartararo pun berhasil masuk ke Q2 setelah menempati urutan kedua di FP3 (free practice 3). Kepiawaiannya menunggangi Yamaha M1 berlanjut ke sesi kualifikasi. Tepat pada lap ke-6, Quartararo mampu menembus lap time 1 menit 39,484 detik.

Perolehan itu pun menempatkannya di urutan teratas kualifikasi MotoGP Catalunya. Ini juga sekaligus menjadi pole position kedua Quartararo sejak berkompetisi di MotoGP 2019. 

"Saya tidak bisa berkata-kata. Satu pole position di Barcelona, Saya tidak tahu harus berkata apa. Kecepatan kami sejak pagi sampai sore sangat bagus. Saya sangat senang dengan apa yang terjadi hari ini," kata Quartararo.  

Catatan tersebut tentu memberikan kekecewaan bagi Marc Marquez. Pasalnya, pembalap Repsol Honda itu cukup mendominasi dalam perolehan waktu tercepat. Namun, Marquez melakukan kesalahan pada lap terakhir sebelum kualifikasi berakhir. Meski begitu, Marquez yang menempati grid kedua hanya terpaut 0,015 detik saja. 

"Hari ini kami sangat siap berada di pole. Tapi, saya melakukan kesalahan di lap terakhir. Sekarang saatnya menikmati hari Minggu di kandang," sahut Marquez. 

Sementara itu, Maverick Vinales juga membuka asa untuk berebut podium pada balapan nanti. Pembalap Monster Energy Yamaha ini berhasil mengamankan posisi tiga besar, disusul oleh pembalap Yamaha lainnya yaitu Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) serta The Doctor, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) di posisi 5. 

Deretan 10 besar juga diisi oleh duet Ducati Corse, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Diikuti olej Alex Rins (Suzuki Ecstar), Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Jorge Lorenzo (Repsol Honda). Khusus bagi Lorenzo, ini adalah kali pertamanya masuk ke Q2 setelah membesut tunggangan Honda RC213V. [Ary/Idr] 


Komentar