Lorenzo Dapat Pencerahan Jelang MotoGP Catalunya Share this
MotoGP
Mode baca

Lorenzo Dapat Pencerahan Jelang MotoGP Catalunya

Ary Dwinoviansyah
pada 13 Juni 2019

BARCELONA — Jorge Lorenzo mendapatkan pencerahan agar bisa menunggangi Honda RC213V lebih baik lagi MotoGP Catalunya, Spanyol (16/6). 

Penampilan yang belum memuaskan membuat pihak Repsol Honda memberikan perlakukan khusus kepada Lorenzo. Setelah menjalani seri di Mugello (Italia), pengguna nomor 99 ini pun mendapatkan mandat untuk mendatangi markas Honda Racing Corporation (HRC) di Jepang. 

Ini diputuskan pihak HRC lantaran Lorenzo belum juga nyaman saat mengendarai kuda besin tersebut. Beberapa waktu lalu Ia mengeluhkan bahwa Honda RC213V kesulitan mengontrol bobot saat masuk tikungan. Selain itu, posisi berkendara terutama area jok dinilainya juga belum sesuai keinginan. 

"Untuk meningkatkan masalah ergonomi Lorenzo, kami memutuskan melakukan perjalanan ke Jepang. Kami rasa ini adalah ide bagus untuk berbicara langsung dengan insinyur Honda serta menganalisa lebih dalam tentang masalahnya, mencoba mendapatkan posisi lebih baik untuknya di motor," tutur Alberto Puig, Team Principal HRC. 

Sesi khusus di luar lintasan ini dianggap Lorenzo berdampak positif. Optimismenya untuk tetap bersaing pun kembali muncul, terutama jelang laga MotoGP Catalunya akhir pekan ini. 

"Perjalanan ke Jepang sangat bermanfaat. Saya harap bisa lebih kompetitif akhir pekan nanti di Barcelona. Targetnya adalah memangkas gap dan saya juga mengerjakan banyak hal di Jepang di mana beberapa akan berguna di Montmelo (Sirkuit Catalunya). Sementara lainnya untuk masa depan," tutur Lorenzo. 

Saat ini, Lorenzo sendiri hanya menempati urutan ke-14 di klasemen sementara MotoGP 2019. Ia terpaut selisih poin cukup jauh dengan rekan setimnya, Marc Marquez sebagai pemimpin. Lorenzo dengan 19 poin bahkan tertinggal cukup jauh dari para pembalap tim satelit LCR Honda. Pembalap utama yaitu Cal Crutchlow berada di peringkat 7 dengan 42 poin. Sedangkan Takaaki Nakagami berada di urutan 9 usai mengoleksi 40 poin hingga seri keenam lalu. [Ary/Idr]


Komentar