Marquez Melesat dengan Motor "Misterius" di Catalunya Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Melesat dengan Motor "Misterius" di Catalunya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 Juni 2018

BARCELONA - Marc Marquez memacu sebuah motor misterius berwarna hitam pada tes MotoGP di Catalunya, Spanyol.

Marquez menghabiskan setidaknya 88 lap pada tes kemarin (18/6/2018). Pembalap Repsol Honda ini juga berhasil menempatkan dirinya di urutan teratas sebagai pencatat lap time tercepat (1 menit 38,916 detik).

Namun, ada hal menarik dari pembalap asal Spanyol ini. Di sesi terakhir tes, Marquez keluar dari pit lane bersama sebuah motor hitam yang diyakini adalah pacuan baru Honda di MotoGP 2019.

Namun, Ia menegaskan bahwa tunggangan misterius itu bukan paket motor 2019. Diakui, kuda besi itu memiliki beberapa perbedaan dibanding Honda RC213V sebelumnya walau masih positif-negatif.

"Motor hitam ini hanya lah motor lain. Tapi, pada dasarnya kami coba menggabungkan perangkat baru di sana (Catalunya) dan melihat part mana yang bekerja baik," ujar rider Repsol Honda.

Akan tetapi, kondisi pada tes kali itu membuat Marquez sulit untuk benar-benar menilai kinerja item baru di RC213V. Sisi positifnya adalah Marquez bisa melesat dengan RC213V hitam tersebut.

"Sulit untuk mencoba hal baru karena di siang hari temperatur lintasan tinggi. Jadi, sulit untuk memberikan komentar. Tapi, bagian terpenting adalah saya bisa cepat di kondisi itu," lanjut Marquez.

Pemuncak klasemen sementara MotoGP ini mengatakan tim menginformasikannya untuk melahap trek sebanyak 2 lap saja. Marquez juga tidak dititah menekan dengan setup RC213V hitam itu. Tapi, Ia justru sedikit menyiksanya dan mekanik malah mendapatkan informasi tambahan mengenai RC213V.

"Mereka mempersiapkan motor kedua ini dengan ban baru dan sesuatu pada elektronik. Ketika melihat ban baru, saya putuskan untuk sedikit menekan (tanpa perencanaan). Sektor pengereman kami ternyata meningkat," terangnya.

Hal tersebut bisa jadi salah satu jawaban dari permasalahan RC213V. Sebelumnya, Marquez menyebut pembalap Honda selalu berisiko jatuh karena kekurangan pada sektor depan. Selain itu, motor tersebut juga disebut sudah mengaplikasi sasis anyar.

Seperti diketahui, Honda RC213V yang dipakai Marquez dan pembalap Honda lain saat ini masih menggunakan sasis hasil pengembangan Honda Racing Corporation bersama Cal Crutchlow (sasis 2016). Meski begitu, pemilik nomor 93 ini tidak yakin motor hitam itu akan dibawa ke MotoGP Assen, Belanda. [Ary/Ari]


Komentar