Jadi Biang Kerok, Lorenzo bikin Marquez Menang Share this
MotoGP
Mode baca

Jadi Biang Kerok, Lorenzo bikin Marquez Menang

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 16 Juni 2019

BARCELONA — Marc Marquez harus berterima kasih kepada Jorge Lorenzo yang telah memuluskannya untuk menjuarai MotoGP Catalunya, Spanyol (16/6). 

Jalannya seri ketujuh kali menyajikan pertarungan seru antara Marquez, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Begitu pula dengan Lorenzo yang tampil mengejutkan karena bisa langsung melesat ke barisan depan. 

Pembalap Repsol Honda itu juga mampu bercokol di urutan keempat. Bahkan, memasuki lap 2 dia mencoba untuk mengambil posisi ketiga dari Vinales. Namun, Lorenzo membuat kesalahan dan membuatnya mengalami low side. 

Ibarat pepatah 'sekali dayung, dua tiga pulau terlewati' seperti itulah kiranya dampak yang diberikan dari kejatuhan Lorenzo. Setelah kehilangan grip ban depan, Honda RC213V tunggangannya juga menghantam Dovizioso, Vinales dan juga Rossi. Artinya, Lorenzo menjadi biang kerok kegagalan para pesaing Marquez di seri kali ini. 

Honda RC213V milik Lorenzo menghantam Dovizioso, Vinales dan Rossi di MotoGP Catalunya.  

Akibatnya, ketiga pembalap tersebut harus kehilangan kesempatan untuk berebut podium utama. Kekecewaan juga tampak dari muka mereka setelah hanya bisa menyaksikan sisa balapan dari layar kaca. Vinales bahkan sempat memberikan isyarat kepada Lorenzo dengan menunjuk kepala (berpikir) ke kamera. 

"Saya meminta maaf kepada mereka (Dovizioso, Rossi dan Vinales). Tikungan itu sangat sulit," ucap Lorenzo di paddock Repsol Honda. 

Otomatis kondisi ini menguntungkan rekan setimnya, Marquez untuk melenggang menjuarai MotoGP Catalunya. Sementara itu, peluang terbuka lebar buat Danilo Petrucci, Alex Rins dan Fabio Quartararo. Petrucci dan Rins terlibat persaingan sengit saat memperebutkan posisi kedua. Namun, Rins terpaksa melepas kesempatan tersebut setelah sempat keluar lintasan ketika balapan menyisakan 7 lap. 

Quartararo pun cukup jeli melihat kelemahan Petrucci dengan grip ban belakang untuk merebut posisi kedua. Selain itu, pembalap tim satelit Yamaha ini juga sudah memperlihatkan kecepatannya setelah berhasil menempati pole position di kualifikasi kemarin. Usai mendahului Petrucci, Quartararo berhasil mengamankan posisi runner up sekaligus menjadi podium pertamanya di kategori MotoGP.

Selain itu, Petrucci harus puas menyelesaikan balapan di posisi ketiga di seri ketujuh MotoGP 2019 ini. Meski demikian, Petrucci cukup puas karena masih dapat kompetitif usai memenangkan MotoGP Mugello, Italia lalu. [Ary/Idr]

Hasil MotoGP Catalunya 2019
  


Komentar